Sukses

Begini Tampilan Bus yang Bakal Mengangkut Tontowi / Liliyana Cs

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan atlet-atlet Indonesia yang baru berjuang di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 akan tiba di Tanah Air, hari ini, Selasa (23/8/2016). Dari bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan kawan-kawan selanjutnya akan diarak dengan bus menuju kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang terletak di Jalan Pemuda, Senayan, Jakarta.

Bandros, bus wisata milik Dispora Bandung, mendapat 'kehormatan' mengangkut para pejuang olahraga tersebut. Bus tingkat tanpa atap tersebut telah dihias demi menambah semarak perjalanan Tontowi/Liliyana dan kawan-kawan.

Bandros aslinya berwarna biru. Namun hari ini, bus tersebut sudah dipenuhi ornamen bernuansa Merah-Putih. Untuk mempercantik, pihak Kemenpora sebagai penyelenggara menempelkan bunga-bunga yang juga berwarna Merah Putih.

Bukan kali ini saja, Bandros digunakan untuk mengarak pemenang. Sebelumnya, bus ini juga pernah dipakai dalam arak-arakan skuat Persib Bandung usai menjuarai Liga Super Indonesia (ISL) 2014.

Bus telah bertolak dari kantor Kemenpora, sekitar pukul 12.00 WIB. Rencananya proses penyambutan akan digelar di Terminal 3 Bandara Soetta. Acara diawali dengan water salute dan dilanjutkan dengan proses penyambutan oleh Menpora, Imam Nahrawi.

Awalnya, rombongan atlet Olimpiade 2016 akan diarak menuju Istana Negara. Namun rencana ini batal karena agenda Presiden Joko Widodo kebetulan padat. Kunjungan ke Istana baru bisa dilakukan keesokan harinya, Rabu (24/8/2016).

Indonesia mengirimkan 28 atlet ke Olimpiade Rio 2016. Kontingen Merah Putih berhasil membawa pulang 3 medali. Selain emas dari Tontowi/Liliyana, Indonesia juga meraih perak persembahan dua lifter Tanah Air, Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan.



Sementara itu, Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara umum dengan koleksi 46 emas, 37 perak, dan 38 perunggu. Sedangkan Indonesia finis di urutan 46 dengan 1 emas dan dua perak. Hasil tahun ini lebih baik dibanding Olimpiade London 2012 lalu di mana kontingen Merah Putih hanya berada di urutan ke-63 dengan perolehan 1 perak dan 1 perunggu. 

Liputan6.com akan menayangkan secara langsung arak-arakan pahlawan Rio lewat Live Streaming pada tautan ini.

 

Laporan: Gamal Adnando