Sukses

Benvenuta Lega Calcio Serie A 2016/17

Liputan6.com, Milan - Ya, selamat datang kembali Serie A Liga Italia! Kemenangan 4-0 AS Roma atas Udinese hingga hasil imbang 2-2 Pescara lawan Napoli menjadi menu utama, pekan pertama Serie A 2016/17, akhir pekan lalu.

Ini akan jadi kompetisi ke-115 sejak digelarnya kompetisi Serie A di Italia. Pertanyaan pun mencuat. Apakah Serie A musim ini akan lebih menarik daripada musim sebelumnya? Akankah Serie A musim ini akan lebih berprestasi pada level internasional dibanding musim sebelumnya?

Dua klub besar Italia; Inter dan AC Milan yang kini berada di tangan Tiongkok, merupakan hal baru paling menonjol di kompetisi Serie A musim 2016/17 ini. Dengan investasi dari Tiongkok, diharapkan dapat memberikan kucuran dana segar untuk membawa pemain-pemain bintang.


Selain itu, masih ada Juventus dengan pembelian Higuain yang sebelumnya merupakan maskot Napoli juga jadi perhatian publik. Juventus dengan materi pemain yang amat baik merupakan momok menakutkan dan masih menjadi kandidat terkuat peraih scudetto.

Musim lalu, Juventus membukukan rekor selama 10 pertandingan berturut-turut tidak kemasukan satu gol pun. Itu mereka bukukan pada pekan ke 20-29 Serie A. Ini rekor sepanjang sejarah Serie A Liga Italia.

Bek Milan, Andrea Romagnoli (kiri) saat berhadapan dengan Torino. Milan diharapan bisa perlawanan di jalur scudetto, musim ini. (Reuters)
Serie A beberapa tahun belakangan ini memang terkesan monoton. Tidak ada tim yang mampu memberikan perlawanan sengit terhadap Juventus.

Untuk itu musim baru ini diharapkan ada peningkatan kualitas dan permainan yang lebih indah dan menarik, sehingga dapat lebih menarik perhatian para pecinta sepak bola di berbagai penjuru dunia. Tentu, untuk kembali pada masa kejayaannya, bukan hal yang mudah. Namun setidaknya dapat lebih baik dari musim sebelumnya.

Musim baru, dengan hal baru, pemain-pemain yang berganti klub,  pelatih-pelatih baru, kisah-kisah menarik dari dalam ataupun luar lapangan, yang mana transfer window pemain masih merupakan isu yang paling menyita perhatian, kejutan-kejutan masih bisa terjadi hingga tanggal 1 september nanti.

Juventus merupakan tim yang menghabiskan uang paling banyak untuk pembelian pemain. Namun, mereka jugalah yang merupakan klub dengan penghasilan terbesar pada musim kompertisi 2015-2016.

Juventus
Paul Pogba telah hengkang ke Manchester United dan memecahkan rekor sebagai pemain termahal dengan banderol 110 juta euro. Namun, kini Juventus memiliki Higuain yang didatangkan dari Napoli, selain itu masih dengan pemain-pemain intinya, seperti Buffon, Chiellini, Barzagli. Dybala juga merupakan salah satu pemain kunci yang dapat membuat perbedaan di tubuh la vecchia signora.

Gonzalo Higuain diprediksi akan menambah kekuatan Juventus untuk musim ini. (Reuters)

Dengan begitu, Juventus masih merupakan salah satu tim terkuat kandidat Scudetto.
Tidak terlalu dini mengatakan bahwa Juventus adalah salah satu kandidat favorit, karena secara materi tim kurang lebih masih memiliki kekuatan seperti musim sebelumnya.

Pelatih Massimo Allegri tetap menargetkan Scudetto pada musim baru ini, selain itu prestasi gemilang pada ajang Liga Champions juga menjadi agenda wajib.

Roma
Roma memiliki materi tim yang baik. Tapi, apakah Roma akan mampu bertarung merajai Serie A? Potensi mereka untuk dapat mempersulit laju Juventus cukup besar. Pelatih Luciano Spaletti merupakan pelatih handal yang mampu meracik tim dengan baik, yang juga adalah seorang motivator ulung.

Ia ingin Roma musim ini segera memulai pertandingan mereka dengan kemenangan. Spaletti juga yakin bahwa Roma musim ini memiliki squad yang tangguh dan wajib berprestasi.
 
Inter
Inter diperhitungkan akan memiliki potensi yang bagus untuk dapat bertarung dengan Juventus dan Napoli. Pembelian-pembelian yang Inter lakukan, pelatih baru FrankDe Boer yang didatangkan dari Ajax Amsterdam, tentu membuat harapan-harapan baru juga bersemi.
De Boer merupakan pelatih dengan ide-ide yang jelas, dengan jiwa kepemimpinan, sehingga diharapkan akan dapat memberikan identitas dan karakter yang jelas terhadap tim.

Inter Milan saat menghadapi Chievo di laga pertama. Inter kini mendapat sokongan dari investor Tiongkok. (Reuters)Pemain-pemain Inter sebenarnya juga cukup menjanjikan. Mulai dari Eder yang Inter datangkan dari Sampdoria musim lalu, ia tampil amat baik sepanjang kompetisi Euro 2016 bersama timnas Italia.

Eder membuktikan bahwa ia memang memiliki talenta dan potensi yang menjanjikan. Bagi Eder di tubuh Inter yang kurang kala itu adalah kesempatan bermain yang berkesinambungan dan ambience alias lingkungan yang kurang kondusif. Candreva dan Banega juga nampak cukup menjanjikan.

Napoli
Meski kehilangan Higuain, yang merupakan salah satu pemain kunci, Napoli masih merupakan salah satu tim besar dengan komponen tim menakutkan, yang dapat mempersulit laju Juventus pada musim 2016-2017 nanti. Sarri tetap optimis dengan kemampuan squad-nya.

Hamsik akan menjadi salah satu pemain utama Napoli musim ini. Bagi Hamsik, akan menjadi hal amat menantang jika dapat mengalahkan Higuain bersama tim baru-nya; Juventus, dalam perebutan tahta Scudetto.

Menurut Arrigo Sacchi, yang juga legenda sepak bola, yang juga sempat menjadi pelatih AC Milan dan membawa AC Milan menjuarai 2 Liga Champion dan 2 Piala Dunia antae klub, favorit Scudetto musim masih Juventus, dengan pesaing utama Roma dan Napoli, serta Inter yang dianggap akan mampu memberikan kejutan.

Lalu Sassuolo dan Empoli yang akan memberikan pertunjukkan indah di Serie A. Sassuolo memiliki nilai plus bagi publik sepak bola di Italia, dikarenakan banyak memiliki pemain pribumi Italia.

Namun tim-tim seperti Lazio dan Fiorentina juga tidak bisa dianggap remeh, mereka tetap berpotensi memberikan kejutan-kejutan dan permainan indah.

Benvenuta Lega Calcio Serie A! Semoga Serie A dapat kembali ke puncak kejayaan! Arrivederci!

2 Komentar

Video Populer

Foto Populer