Sukses

Malaysia, Ujian Pertama Timnas Indonesia Usai Sanksi FIFA

Timnas Indonesia rencananya menghadapi Malaysia pada 6 September 2016 di Stadion Manahan, Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali bergeliat. Dahaga rakyat Indonesia untuk kembali melihat Tim Garuda bertanding akan segera terhapus setelah timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni beberapa laga uji coba sebagai persiapan menghadapi Piala AFF 2016 November mendatang.

Setidaknya ada tiga agenda uji coba timnas yang terpampang di depan mata. Rencananya, anak asuh Alfred Riedl akan berhadapan dengan tiga negara dari Asia Tenggara yakni, Malaysia, Vietnam, dan Myanmar.

Namun, sejauh ini, federasi sepak bola Indonesia, PSSI, baru bisa memastikan tanggal pasti kontra Malaysia yang akan diselenggarakan pada 6 September mendatang di Stadion Manahan, Solo. Sementara untuk dua lawan masih dalam tahap koordinasi.

Malaysia bakal menjadi lawan pertama bagi Timnas senior Indonesia setelah dicabutnya sanksi FIFA. Dalam hal peringkat FIFA, Malaysia lebih baik, karena menduduki posisi 167, sedangkan Indonesia di urutan 191.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan PSSI

Keputusan PSSI menggelar laga uji coba diyakini berguna untuk memantapkan para pemain timnas yang akan berlaga di ajang sepakbola terbesar di kawasan Asia Tenggara pada akhir tahun ini. Uniknya, hingga saat ini Alfred Riedl belum mengumumkan 23 pemain yang akan berseragam timnas.

Ke-23 pemain tersebut merupakan hasil dari 47 pemain yang menjalani seleksi dalam dua gelombang, di Stadion Pakansari, Bogor, beberapa waktu lalu.  Gelombang pertama digelar pada 8-11 Agustus 2016, sementara gelombang kedua pada 15-18 Agustus 2016.

Meski begitu, Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima 23 nama pemain dari pelatih asal Austria, yang akan ikut beruji coba melawan Malaysia. Akan tetapi siapa pemain yang dipanggil, Azwan urung membocorkan.

Kabar tersebut juga diamini oleh asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal. Menurut Pikal, masyarakat Indonesia baru akan mengetahui ke-23 pemain yang lolos dari seleksi pada sepekan sebelum laga uji coba.

3 dari 3 halaman

Kans Andik Vermansah

Kendati demikian, ada satu nama pemain yang paling santer berpeluang besar mengisi 23 nama, yakni gelandang Selangor FA, Andik Vermansah. Andik memang tidak mengikuti seleksi timnas yang digelar di Bogor beberapa waktu lalu, karena tidak mendapatkan izin dari Selangor.

Namun, Riedl beberapa waktu lalu sempat mengindikasikan akan kembali memanggil Andik untuk dilihat performanya pada laga uji coba melawan Malaysia. Apalagi, Selangor FA juga telah mengatakan bahwa tidak akan menahan Andik lagi untuk memperkuat timnas Indonesia.

Peluang Andik memperkuat timnas Indonesia memang cukup besar. Pasalnya, performa Andik bersama Selangor FA juga sangat apik. Hal tersebut dibuktikan ketika mantan pemain Persebaya 1927 ini mampu mencetak gol pada menit ke-83, yang sekaligus menghindari klub berjuluk Gergasi Merah terhindar dari kekalahan melawan Trengganu di Stadion Shah Alam, Selasa (16/8/2016).

Jika pada akhirnya Andik mendapatkan panggilan memperkuat timnas Indonesia untuk melakoni laga uji coba melawan Malaysia, maka masyarakat Tanah Air akan bisa melepas rindu menyaksikan timnas Indonesia berlaga sekaligus melihat performa Andik yang sudah absen cukup panjang berseragam Tim Garuda.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini