Sukses

Bongkar Pasang Pemain Jelang Paruh Musim, Persipura Paling Aktif

Kebanyakan para pemain asing yang didepak klub-klub yang tampil di Tr

Liputan6.com, Jakarta - Jamak terjadi di klub sepak bola seluruh dunia, ketika paruh musim pertama berakhir melakukan evaluasi terhadap kinerja beberapa pemain. Tujuannya jelas, pemain-pemain yang tak tampil maksimal bakal dilepas diganti dengan yang baru.

Di kompetisi sepak bola Eropa, paruh musim dilakukan pada bursa transfer musim dingin atau memasuki bulan Januari. Hal serupa juga muncul di Indonesia saat ini, tepatnya di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Jelang putaran pertama berakhir, sejumlah klub sudah mulai bergeliat di bursa transfer. Rapor para pemain selama paruh pertama menjadi dasar bagi setiap klub untuk menentukan siapa-siapa yang tak memiliki kontribusi maksimal. Menariknya, sebagian besar terjadi untuk pemain asing.

Sudah jelas, klub tak mau membayar mahal pemain asing yang tak mampu memberikan hasil maksimal. Jalan terbaik adalah memutus kontraknya dan mengganti dengan pemain lain. Tujuan yang hendak dicapai pun sangat jelas yakni demi peningkatan prestasi.

Persib Bandung misalnya. Mereka melepas bomber Juan Belencoso karena memang tak berkontribusi banyak. Selama putaran pertama dia belum mencetak gol. Persib sendiri belum menentukan akan merekrut bomber asing pengganti Belencoso.

Bali United juga sudah melakukan perombakan. Lucas Patinho dilepas dan diganti dengan Zoran Knezevic. Alasannya karena cedera Patinho sulit untuk kembali ke performa terbaik. Kiko Insa juga dilepas manajemen Bali United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergerak Cepat di Bursa Transfer

Sementara itu, Pusamania Borneo FC (PBFC) juga telah bergerak cepat di bursa transfer putaran kedua TSC. Mereka resmi mendatangkan mantan anak asuh Dragan Djukanovic yakni Flavio Beck Junior.

Dia didatangkan untuk menggantikan salah satu pilar asing mereka yakni Tarik Boschetti. Meski penampilan Tarik cukup baik, dia dinilai sudah tidak kerasan bermain bersama Pesut Etam. Manajemen pun memutuskan untuk melepasnya.

Sama seperti Tarik, Flavio berposisi sebagai gelandang. Dia terakhir kali tercatat membela klub Montenegro, FK Lovcen. Flavio juga pernah bermain disejumlah klub liga Eropa seperti Albania, Slovenia serta Azerbaijan.  

Tim kuat Papua, Persipura Jayapura lebih aktif. Mereka mendatangkan dua pemain anyar yakni Edward Wilson Junior dan Greg Nwokolo pada putaran kedua. Edward Wilson menggantikan James Koko Lomell yang dicoret karena kurang berkontribusi. Selama membela Persipura, dia baru mencetak dua gol.

Dipastikan bongkar pasang pemain akan masih banyak dilakukan klub lain, terutama klub besar. Persija Jakarta salah satunya. Mereka sudah melepas Jose Guerra dan tengah menunggu kedatangan pemain asing baru.

Menarik menyimak siapa lagi nama-nama yang terkena evaluasi klub-klub TSC 2016. Namun, perekrutan pemain anyar juga bakal menyita perhatian pencinta sepak bola nasional.

(Penulis: I. Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini