Sukses

Hina Tim Lawan di Olimpiade, Kiper Seksi AS Dihukum 6 Bulan

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Penjaga gawang tim sepak bola wanita Amerika Serikat Hope Solo dijatuhi hukuman larangan bertanding selama enam bulan akibat komentarnya di Olimpiade Rio 2016 lalu. Tindakan Solo dianggap melanggar prinsip-prinsip organisasi federasi sepak bola AS.

Seperti yang dilansir Soccerway, pada Kamis (25/8/2016) siang, Solo membuat komentar kontroversial dengan mengatakan timnas Swedia bermain seperti sekumpulan pengecut. Pasalnya, pada babak perempat final Olimpiade, wakil Eropa tersebut turun dengan gaya bertahan yang membuat keduanya melanjutkan laga dengan adu penalti.

Amerika, peraih medali emas terbanyak sepanjang sejarah sepak bola wanita, takluk di babak delapan besar dari Swedia lewat kekalahan 3-4 di drama adu penalti usai imbang 1-1 di waktu normal. Solo pernah mendapat hukuman serupa selama 30 hari pada 2015 dan pernyataannya kali ini dianggap tak dapat diterima.

"Komentar Hope Solo setelah pertandingan melawan Swedia selama Olimpiade 2016 tidak dapat diterima dan tidak memenuhi standar perilaku yang kami butuhkan dari pemain tim nasional," kata Presiden Federasi Sepak Bola AS Sunil Gulati.

Sebagai hukuman, pemegang 202 caps untuk The Yanks itu tak bisa ikut serta dalam seleksi timnas hingga Februari 2017. Solo juga akan absen saat melawan Thailand dan Belanda dalam laga persahabatan pada September bulan depan.