Sukses

Ditinggal Bravo, Barca Langsung Gaet Kiper Timnas Belanda

Barca merogoh kocek 13 juta euro untuk mendapatkan Cillessen.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona tak butuh waktu lama untuk menemukan pengganti Claudio Bravo yang dilepas ke Manchester City. Kamis (25/8/2016), juara La Liga 2015/2016 itu mengumumkan kehadiran Jasper Cillessen dari Ajax Amsterdam.

Perubahan vital terjadi di sektor kiper Barca. Tepat pada 21 Agustus 2016, mereka mengkonfirmasi kepergian Bravo ke ManCity. Dari penjualan itu, Barca mendapatkan pemasukan 12 juta euro. Namun, uang penjualan itu tak langsung masuk kas Barca.

Itu karena Barca langsung menggunakan biaya itu untuk mendapatkan Cillessen dari Ajax Amsterdam yang juga kiper utama Timnas Belanda. Lewat situs resmi mereka, Barca mengumumkan kedatangan Cillessen pada pagi hari ini. Setelah menjalani tes kesehatan, ia langsung meneken kontrak dengan durasi lima tahun.

Barca sendiri baru akan memperkenalkan Cillessen secara resmi pada Jumat (26/8/2016). Perkenalan itu akan langsung dilakukan Presiden Barca Josep Maria Bartomeu.

Sekadar catatan, Cillessen sudah mencuri perhatian sejak ia direkrut Ajax dari NEC pada musim panas 2011 dengan mahar 3,2 juta euro. Setelah tampil bersama Ajax U-21, ia dipromosikan ke tim utama Ajax pada 21 September 2011. Sejak itu, ia tak pernah kehilangan tempatnya di bawah mistar gawang Ajax.

Bersama Ajax, ia tampil dalam 143 pertandingan, kebobolan 119 gol, dan menciptakan 69 clean sheet. Persembahannya adalah tiga trofi Eredivisie dan satu gelar Piala Super Belanda. Berkat penampilan apiknya, Cillessen diberi kesempatan melakoni debutnya saat melawan Timnas Indonesia pada laga uji coba.

Tak perlu menunggu waktu lama bagi Cillessen untuk merebut status kiper utama Belanda. Buktinya, ia menjadi kiper andalan De Oranje di Piala Dunia 2014. Kontribusinya membawa Belanda merebut status peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini