Sukses

7 Alasan Ronaldo Layak Sabet Gelar Pemain Terbaik Eropa

Ronaldo mengumpulkan jumlah suara terbanyak dalam voting yang dilakukan 55 jurnalis olahraga Eropa.

Liputan6.com, Monaco - Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo baru saja dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa versi Federasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) untuk kedua kalinya pada Kamis (26/8/2016) malam tadi. Ronaldo menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Gareth Bale dan Antoine Griezmann.

Ronaldo terpilih setelah mengumpulkan suara terbanyak dalam voting yang dilakukan 55 jurnalis olahraga di Eropa. Adapun Griezmann yang tampil gemilang bersama Prancis hanya mendulang delapan suara. Sementara Bale dipilih oleh tujuh jurnalis.

Banyak pertimbangan kenapa Ronaldo akhirnya terpilih sebagai pemain terbaik Eropa tahun ini. Pertama tentu saja berkaitan dengan keberhasilan Portugal meraih gelar juara Piala Eropa 2016 lalu. Meski tidak bisa tampil penuh di babak final, pemain berusia 31 tahun tersebut dianggap punya peran besar membawa Portugal mengangkat trofi juara.

Selain itu, sederet prestasi lainnya juga menjadi modal bagi Ronaldo merebut Pemain Terbaik Eropa musim 2015-2016 ini. Mulai dari prestasi di level klub hingga kontribusinya di tim nasional Portugal.

Berikut tujuh alasan mengapa Ronaldo pantas mendapatkan gelar UEFA Player of the Year:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Alasan Ronaldo Layak Jadi Pemain Terbaik Eropa

1. Ronaldo mencetak lebih dari 50 gol pada 2015/2016, dengan rincian 51 gol untuk Real Madrid dan tiga gol saat membela Portugal di Piala Eropa.

2. Pemain berjuluk CR7 ini menyalip legenda klub Raul Gonzales sebagai pencetak gol sepanjang masa Madrid di La Liga kemudian menjadi top scorer sepanjang masa Madrid di semua kompetisi.

3. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions musim 2015/2016 dengan koleksi 16 gol. Ini merupakan kali keempat dalam empat musim terakhir dia keluar sebagai pemain tersubur di kompetisi antarklub Eropa.

4. Ronaldo tak tampil bagus dalam final Liga Champions Mei lalu melawan Atletico Madrid selama 120 menit. Namun tendangan penaltinya ke gawang Jan Oblak memastikan El Real keluar sebagai juara.

5. Sebagai kapten timnas Portugal, dia ikut mengangkat trofi juara Piala Eropa 2016 dalam final melawan Prancis Juli lalu meski hanya tampil selama 25 menit akibat cedera.

6. Musim 2015/2016 ini merupakan musim terbaik Ronaldo. Selain membawa Madrid juara Liga Champions dan Portugal juara Piala Eropa, dia memboyong gelar individu.

7. Ronaldo bersama bek Madrid Pepe membawa timnya dua kali ke final turnamen dalam semusim serta memenangkan keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.