Sukses

Ronaldo dan Keinginan Pensiun di Usia 41

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo belum puas dengan pencapaiannya sejauh ini. Mesin gol andalan Real Madrid dan timnas Portugal itu belum memikirkan untuk pensiun dalam waktu dekat. Ini jadi bukti bahwa Ronaldo masih punya banyak target dalam kariernya.

Jika melihat prestasi dan performanya hingga saat ini, Ronaldo memang layak disebut sebagai pemain terbaik di dunia bersama Lionel Messi. Seiring bertambah usia, semakin bertambah hebat pula kemampuannya dalam menggetarkan gawang lawan.

Di usianya yang sudah menginjak 31 tahun, kehebatan Ronaldo dalam mengolah si kulit bundar justru semakin menjadi-jadi. Bukti terkini kehebatan Ronaldo adalah kehormatan yang diberikan UEFA kepadanya untuk menjadi Pemain Terbaik Eropa 2016.

Ini adalah kali kedua secara beruntun Ronaldo terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa setelah edisi 2015. Untuk kali ini, UEFA memilih pemain berjuluk CR7 itu setelah aksi heroiknya yang mengawinkan gelar Liga Champions 2015/2016 bersama Madrid dengan trofi Piala Eropa 2016 bersama Portugal.

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, mengangkat trophy Piala Eropa usai menaklukkan Prancis 1-0 pada laga final. CR 7 dan kawan-kawan berhasil untuk pertama kalinya mempersembahkan Portugal gelar Piala Eropa. (AFP/Franck Fife)

"Saya berada di klub terbaik di dunia dan saya ingin pensiun di sini, di usia 41. Saya ingin pensiun di Madrid karena mereka adalah klub terbaik di dunia. Tujuan saya adalah memperpanjang kontrak dan bertahan di klub yang saya cintai," kata Ronaldo seperti dilansir dari Soccerway.

Pernyataan itu jelas membuat Madrid menjadi klub yang beruntung. Itu karena mereka bisa memaksimalkan servis Ronaldo dalam waktu yang cukup lama. Kolaborasi keduanya sudah dimulai sejak Los Blancos merekrut Ronaldo dari Manchester United di musim panas 2009 dengan mahar 94 juta euro.

Madrid tertarik mendaratkan Ronaldo setelah aksi impresifnya bersama MU selama enam musim. Mencetak 118 gol dan 62 assist, Ronaldo membawa Setan Merah memenangkan tiga gelar Liga Premier, satu Piala FA, dua Piala Liga, satu Community Shield, satu Liga Champions, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Di musim perdananya bersama Madrid, Ronaldo langsung menyumbang 33 gol dari 35 pertandingan. Ternyata, itu adalah torehan terendah yang diukir Ronaldo selama memperkuat Madrid. Pasalnya, sejak musim 2010/2011-2015/2016, pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu konsisten menyumbang minimal 51 gol di setiap musim.

Total, sudah 364 gol dan 114 assist yang diukir Ronaldo dari 348 laga di Madrid. Rincian gelar yang sudah didapat adalah satu trofi La Liga, dua Copa del Rey, satu Piala Super Spanyol, dua Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo dengan trofi Liga Champions (Reuters)

Karier gemilang Ronaldo semakin menjadi-jadi setelah ia mengukir kesuksesan bersama Portugal. Ya, Piala Eropa 2016 menjadi gelar perdana mantan murid akademi Sporting Lisbon itu bersama Portugal. Tak heran jika Ronaldo sudah mengumpulkan ratusan penghargaan di sepanjang kariernya.

"Saya ingin menjaga level ini dan saya akan bekerja keras untuk mendapatkannya, seperti yang saya lakukan di setiap musim. Saya berharap bisa memenangkan lebih banyak gelar. Saya sangat bangga dengan trofi Liga Champions dan Piala Eropa. Saya menangis dua kali. Saya selalu ingin memenangkan sesuatu bersama Portugal dan sekarang saya telah mewujudkannya," tutur Ronaldo.

Artikel Selanjutnya
Tak Seperti Ronaldo, Bintang Real Madrid Tidak Punya Bakat Alami
Artikel Selanjutnya
Sacchi: Ronaldo Hebat Berkat Kerja Keras