Sukses

Mourinho Angkat Bicara soal Nasib Rashford di Timnas

Mourinho tak akan protes jika Rashford hanya dimainkan bersama Inggris U-21.

Liputan6.com, Manchester - Kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih Manchester United tentu menjadi berkah bagi sebagian besar orang di klub. Namun, hal itu tak berlaku bagi Marcus Rashford. Faktanya, kedatangan Mourinho justru menjadi sebuah petaka bagi Rashford.

Ya, Mourinho dikenal sebagai pelatih yang enggan memberikan kesempatan lebih kepada para pemain mudanya. Tren itu sudah ia lakukan sejak datang ke Chelsea dari Porto pada musim panas 2004.

Rashford pun termasuk salah satu pemain muda MU yang menjadi korban kebiasaan Mourinho itu. Dua laga Liga Premier 2016/2017 melawan Bournemouth dan Southampton dilewati Rashford tanpa bermain.

Penyerang berusia 18 tahun itu hanya bisa menyaksikan rekan-rekannya dari bangku cadangan. Kondisi itu membuat karier Rashford bersama timnas senior Inggris ikut terancam. Indikasi itu menguat menyusul pernyataan pelatih Inggris, Sam Allardyce.

"Situasi Rashford dengan Inggris sungguh lucu. Ketika Anda berusia 18 tahun dan berada di timnas U-21, saya tak berpikir itu sebuah drama. Ia adalah pemain fantastis," kata Mourinho seperti dilansir situs resmi MU.

"Namun, untuk perkembangan, saya pikir lebih baik berada di U-21 dan bermain dua laga internasional ketimbang pergi ke Slovakia bersama tim senior dan hanya menonton Harry Kane, Jamie Vardy, serta pemain berpengalaman yang dipilih Sam."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Ibra

Mourinho juga menilai situasi Rashford di MU tak buruk. Pasalnya, Rashford menyandang status sebagai penyerang tengah kedua MU setelah Zlatan Ibrahimovic.

"Saat ini, ia adalah striker kedua MU, bukan ketiga, keempat, atau kelima. Ia di belakang salah satu pemain top dunia. Tentu, ia dapat belajar banyak. Saya pikir situasinya sangat baik," tutur Mourinho.

Sebelumnya, banyak pihak yang menilai Rashford sebagai pemain berbakat dari tim akademi MU ketika debut pada 28 Februari 2016. Ketika itu, Rashford mendapat kesempatan dari Louis Van Gaal ketika MU menjamu Arsenal di Old Trafford. Hebatnya, Rashford sukses mencetak dua gol dan satu assist dalam kemenangan 3-2 MU atas Arsenal itu.

Total, Rashford membukukan 13 gol dan dua assist dari 35 laga di semua kompetisi musim lalu. Pencapaian tersebut membuat Roy Hodgson memberikan Rashford kesempatan untuk mengecap debutnya bersama Timnas Inggris. Hebatnya, ia juga langsung menyumbang satu gol saat Inggris menang 2-1 atas Australia pada laga uji coba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.