Sukses

Tampil Tanpa Rio Haryanto, Manor Hapus Pertamina

Liputan6.com, Stavelot - GP Belgia adalah seri perdana Formula 1 2016 Manor Racing tanpa Rio Haryanto sebagai pembalap utama. Itu karena Manor sudah mengambil keputusan untuk menggeser Rio menjadi pembalap cadangan.

Keputusan itu diambil setelah pihak Rio tak mampu melunasi komitmennya terkait pembayaran ke pihak Manor. Sebelum musim 2016 dimulai, Manor dan Rio membuat kesepakatan bahwa pembalap Indonesia itu wajib menyetor 15 juta euro.

Sayang, hingga batas terakhir pembayaran, pihak Rio hanya mampu menyetor uang delapan juta euro. Kekurangan tujuh juta euro pun membuat Manor mengganti posisi Rio dengan pembalap muda, Esteban Ocon.

Keputusan itu membuat Manor juga menarik diri dari statusnya sebagai sponsor utama Manor. Saat Rio masih menjadi pembalap utama, logo Pertamina terpampang jelas di atas sayap belakang mobil MRT05.



Ketika latihan bebas GP Belgia dihelat di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat (26/8/2016), tulisan besar Pertamina sudah menghilang. Bisa dipastikan bahwa Pertamina tak lagi menjadi sponsor utama Manor pada sisa musim ini. Sebagai gantinya, Manor menampilkan tulisan Manor Racing di tempat yang sebelumnya bertuliskan Pertamina.

Pembalap yang menggantikan posisi Rio Haryanto di Manor Racing, Esteban Ocon. (Facebook Manor)

Meski begitu, Rio masih menjadi bagian dari keluarga Manor. Cuma, di sisa musim ini Rio hanya akan menjadi pembalap cadangan bagi Pascal Wehrlein dan Ocon. Ia baru akan mendapat kesempatan jika salah satu dari kedua pembalap itu cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini