Sukses

Jadi Buronan, Eks Pemain Timnas Turki Masih Sempat Main Instagram

Mantan pesepakbola Turki diduga terlibat dengan kelompok pemberontak.

Liputan6.com, Jakarta Mantan pesepakbola Turki kembali mendapat surat perintah penangkapan dari kejaksaan setempat. Tiga mantan pemain itu, adalah Arif Erdem, Ismail Demiriz dan Ugur Tutuneker. Mereka diduga terlibat dengan kelompok pemberontak pimpinan Fethullah Gulen.
Seperti diketahui, bulan lalu terjadi kudeta di Turki. Namun, usaha tersebut berhasil digagalkan pemerintah yang berkuasa.

Untuk memberangus para pemberontak, Presiden Recep Tayyip Erdogan lalu memerintahkan penangkapan kepada siapa saja yang diduga terlibat atau masuk dalam jaringan Gulen.

Legenda sepakbola Turki, Hakan Sukur, pada Agustus lalu masuk dalam daftar tersebut, dan telah ditangkap bersama ayahnya.

Sukur pensiun pada tahun 2007 dan menjajal panggung politik Turki. Dia menjabat sebagai anggota parlemen dari Partai AK selama dua tahun dari 2011.

Sukur mengundurkan diri setelah sejumlah figur senior dalam partai yang tengah berkuasa itu diselidiki atas kasus korupsi. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa tersebut sekarang menggunakan Twitter untuk menanggapi tuduhan terhadap dirinya.

Setelah Sukur, kini kembali muncul nama-nama mantan pemain yang mendapatkan surat perintah penangkapan.

Arif Erdem adalah mantan pemain Real Sociedad. Bersama Tutuneker yang dulu membela Bayern Muenchen dan Galatasaray, keduanya sekarang sedang berada di luar negeri. Sedangkan Demiriz, telah resmi ditahan.

Di tengah pelarian, Erdem masih sempat mengunggah beberapa foto di akun Istagram. Salah satunya adalah saat bekas penyerang tersebut membela Timnas Turki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.