Sukses

Honda Ungkap Masalah Utama Sepanjang MotoGP 2016

Honda menemukan bahwa mereka bermasalah dengan Electronic Control Unit.

Liputan6.com, Brno - Wakil Presiden Honda Racing Team, Shuhei Nakatomo mengungkapkan masalah utama yang sering dijumpai dua pembalap andalannya, Marc Marquez dan Dani Pedrosa sepanjang balapan MotoGP 2016.

Pada pertengahan pekan ini, di Brno, Nakatomo melakukan evaluasi besar-besaran di dalam timnya. Dari evaluasi tersebut, Honda menemukan bahwa mereka bermasalah dengan Electronic Control Unit (ECU).

"Ya, memang itu masalah kami," ucap Nakatomo, seperti dikutip dari Motorsport.

"Tahun lalu, kami menggunakan perangkat lunak buatan sendiri. Tapi, dengan ECU baru ini, Anda harus menemukan pengaturan yang tepat," ucapnya menambahkan.

Permasalahan ECU memang sering dikeluhkan Marquez pada awal musim MotoGP 2016. Marquez sendiri sempat kesulitan menghadapi pembalap yang menggunakan Yamaha, Ducati, hingga Suzuki.

"Terkadang, kami bisa melakukannya dengan baik. Namun, sebagian besar kami gagal. Pembalap kami mengeluh kalau masalah ECU membuat motor tidak melaju kencang," ujar Nakatomo.

Sementara itu, Marquez membeberkan masalah yang sering dijumpainya saat sedang balapan. "Saat melewati tikungan kemudian ada trek lurus, saya harus mencoba menghentikan motor agar ban depannya tidak terangkat," kata Marquez memberi penjelasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini