Sukses

Prediksi Manchester City Vs West Ham: Pep Kejar Rekor Pertama

Guardiola akan membawa Manchester City menang lima kali beruntun, hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Liputan6.com, Manchester - Josep Pep Guardiola berpeluang mencatat rekor pertamanya bersama Manchester City saat menjamu West Ham United di Etihad Stadium, Minggu (28/8) malam WIB. Sebelumnya, tidak ada pelatih City yang mampu meraih lima kemenangan beruntun di kompetisi resmi.

Guardiola pun bisa melewati capaian Ernest Mangnall yang meraih empat kemenangan beruntun bersama City di laga kompetitif pada 1912. Sejauh ini, Pep, sapaan Guardiola, sukses menyamai catatan Mangnall setelah meraih dua kemenangan di Liga Primer Inggris, dan dua di play-off Liga Champions.

Mantan pelatih Bayern Muenchen ini mengawali laga resminya di kota Manchester dengan mengalahkan Sunderland 2-1, tiga hari kemudian melucuti Steaua Bucuresti 5-0. Akhir pekan lalu, giliran Stoke City ditaklukan 4-1, dan kemenangan tipis 1-0 atas Setaua, tengah pekan lalu memuluskan kampanye Pep di musim pertamanya bersama tim berjulukan The Citizens ini.

Hanya, rencana memiliki rekor manis itu harus berbenturan dengan catatan buruk tim biru langit tersebut. Pada musim lalu, City mengalami periode yang kurang bagus setelah dikalahkan West Ham 2-1 di Etihad, 19 September 2015. Itu menjadi kekalahan pertama City di Liga Primer musim 2015/16.

Kekalahan itu hanya empat hari setelah City yang dilatih Manuel Pellegrini juga dipermalukan Juventus 1-2 di tempat yang sama di penyisihan grup Liga Champions. Sempat bangkit dengan mengalahkan Sunderland 4-1 di Piala Liga, City harus tunduk dari Tottenham Hotspur 4-1 di Liga Primer pada akhir September.

Dalam catatan pertemuan kedua tim, City lebih mendominasi dengan 45 kemenangan dari 96 laga di semua kompetisi. Begitu juga dengan rekor di Liga Primer, Sergio Aguero dan kawan-kawan meraih 41 kemenangan dari 88 laga. Kendati demikian, dalam lima pertemuan terakhir di level elite Liga Inggris ini, statistik kedua tim berimbang.

Sayang, performa West Ham di awal musim ini tidak sebagus musim lalu. Pasukan Slaven Bilic ini hanya meraih satu kemenangan dari empat laga kompetitif. Mereka juga tersingkir dari Liga Europa karena kalah agregat 1-2 dari Astra Ploiesti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Starter

Namun, berbicara situasi skuat saat ini, baik City atau West Ham memiliki kemiripan. Keduanya tengah bermasalah dengan komposisi pemain. Di kubu City, status sejumlah pemain masih mengambang sejak kedatangan Guardiola.

Yang terbaru adalah persoalan kiper Joe Hart sebagai pilihan ketiga dengan datangnya Claudio Bravo. Namun Bravo belum bisa dimainkan melawan West Ham. Gelandang Yaya Toure juga tidak lagi menjadi starter meski tetap diminta bertahan.

"Saya mencoba untuk membantu pemain setiap hari, tetapi tentu saja pemain mungkin tidak mengerti itu. Semua pemain yang berjumlah 30 ini pantas bermain, tetapi peraturan menyebut hanya memulai dengan 11 orang," kata Guardiola.

Di kubu The Hammers, julukan West Ham, Bilic harus berjibaku dengan kebugaran pemainnya. Andy Carroll, Andre Ayew, Aaron Cresswell, Sofiane Feghouli, dan Diafra Sakho masih belum bisa dimainkan. Beruntung, kapten Mark Noble dam Dimitri Payet bisa dimasukan ke dalam lineup.

Tapi, Bilic masih berharap pemainnya bisa menempatkan kegagalan di Liga Europa sebagai motivasi untuk kembali mengejutkan City. Bilic menyadari itu akan sulit, tetapi situasi saat ini dianggapnya mirip dengan musim lalu, ketika City sudah mengumpulkan 15 poin di Liga Primer dengan tiga kebobolan satu gol pun.

"Tidak ada alasan mengapa kami tidak melakukannya lagi musim ini. Kami tahu itu tantangan besar, tidak hanya mengenai situasi cedera pemain kami. Tetapi, kita berharap, dan seluruh rencana kami adalah memiliki permainan yang baik, serta untuk mendapatkan sesuatu dari itu," Bilic menuturkan.

Perkiraan susunan pemain:


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini