Sukses

Karateka-Karateka Cantik Ini Curi Perhatian di Kejuaraan Dunia

Kehadiran mereka jadi warna tersendiri di ajang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Karateka cantik dari berbagai negara turut ambil bagian dari Kejuaraan Dunia Karate Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF) 2016 yang berlangsung di Hall D Jakarta Expo Kemayoran. Kehadiran mereka pun jadi warna tersendiri di ajang ini.

Salah satu karateka yang berpartisipasi adalah Grisel Parada Nunez. Karateka cantik asal Meksiko ini mengaku menggeluti karate karena faktor keluarga. "Saya lahir dari keluarga karate. Ayah dan ibu saya juga bermain karate dan mereka hadir di sini," kata Grisel.

Wanita yang juga berprofesi sebagai dosen ini mengungkapkan, karate sudah cukup populer di Meksiko. Meskipun, pemerintah Meksiko sendiri tidak terlalu memprioritaskan karate. "Untuk anak-anak karate sangat umum. Banyak dojo di Meksiko," kata Grisel.

Grisel mengaku baru pertama mengunjungi Indonesia. Wanita yang memiliki dojo sendiri di Meksiko ini pun mengungkapkan hal yang membuatnya sangat terkejut. "Di sini ada banyak sekali motor. Ada juga empat orang di atas satu motor. Itu tidak umum terjadi di Meksiko," katanya sembari tertawa.

Tak cuma Grisel, karateka cantik yang turun di Kejuaraan Dunia Stif Karate. Ada Tatum Sinclair-Harris asal Australia yang juga ikut berkompetisi.
Karateka cantik Tatum Sinclair-Harris (Liputan6.com / Luthfie Febrianto)
Tatum mengaku sudah bermain karate sejak lima tahun lalu. Dirinya mengaku belajar karate dari pamannya. "Salah satu dari paman saya. Tapi dia tidak melatih saya," kata Tatum.

Di kejuaraan dunia kali ini, Tatum berhasil memenangkan medali perunggu di kategori kumite individu. Di sisi lain, Tatum mengungkapkan, dirinya senang Kejuaraan Dunia ini digelar di Indonesia. "Sangat bagus. Cuacanya cukup bersahabat dan sangat hangat. Ini negara yang cukup ramah," ujar Tatum yang mengaku ingin kembali ke Indonesia suatu saat nanti.

Dari Tanah Air, ada nama Eva Fitria. Wanita asal Bandung ini mengaku sudah menggeluti karate sejak kelas 6 SD. "Mamah sama papah yang daftarin. Pas kejuaraan dapat juara baru jadi suka," kata Eva yang pernah ikut SEA Games 2013.

Eva mengungkapkan, karate sangat berguna bagi dirinya. Apalagi saat ini, banyak pelecehan yang terjadi pada kaum hawa. "Jadi kita bisa bela diri sendiri dari yang seperti itu," ujarnya.
Karateka cantik Eva Fitria (Liputan6.com / Luthfie Febrianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini