Sukses

Bungkam Bilbao, Barca Kembali Kuasai Klasemen

Gol kemenangan Barca dicetak Ivan Rakitic.

Liputan6.com, Bilbao - Barcelona mengukir kemenangan kedua beruntun di La Liga 2016/2017. Korban terkini mereka adalah Athletic Bilbao. Di San Mames Barria, Senin (29/8/2016) dinihari WIB, Barca meraup tiga poin lewat kemenangan 1-0.

Di babak pertama, Barca memang sudah menghadapi perlawanan sengit dari Bilbao. Hal itu bisa dimaklumi mengingat Barca selalu kesulitan saat tampil di kandang Bilbao. Meski mendominasi laga, rapatnya lini belakang Bilbao sulit ditembus Barca.

Padahal, pelatih Luis Enrique memainkan Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai tukang gedor. Absennya Neymar pun bisa ditutupi Arda Turan. Bahkan, Barca langsung mencetak keunggulan saat laga baru berjalan 21 menit.

Turan sukses membayar kepercayaan Enrique lewat aksi mengesankan. ia menciptakan assist yang mempermudah Ivan Rakitic untuk menjebol gawang Bilbao kawalan Gorka Iraizoz.

Barca memiliki banyak peluang untuk menambah keunggulan di sisa waktu babak pertama. Salah satu peluang emas didapat di menit 45. Sayang, Turan yang berdiri bebas di depan gawang Bilbao gagal memaksimalkannya. Keunggulan 1-0 barca bertahan hingga babak pertama berakhir.

Athletic Bilbao Vs Barcelona (REUTERS/Vincent West)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Barca masih tampil dominan meski tak melakukan pergantian pemain di awal. Di menit 54, mereka nyaris menggandakan keunggulan andai Messi bisa mengkonversinya. Padahal, Denis Suarez dan Suarez sudah melakukan kolaborasi yang apik.

Terus tertekan membuat pelatih Bilbao, Ernesto Valverde, melakukan dua pergantian sekaligus di menit 62. Ia memainkan Mikel Vesga dan Raul Garcia. Masuknnya dua pemain itu membuat permainan Bilbao lebih mengalir. Peluang demi peluang pun tercipta, salah satunya adalah serangan balik mereka diakhiri tendangan Inaki  Williams yang masih bisa diamankan Marc-Andre ter Stegen di menit 67.

Tiga menit kemudian, Messi kembali menyia-nyiakan peluang. Suarez yang sudah rela menahan egonya dengan memberikan operan kepada Messi justru gagal dimaksimalkan. Tendangan Messi dari depan kotak penalti Bilbao masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Khawatir serangan balik Bilbao yang berbahaya, Enrique pun memainkan Javier Mascherano dan Andre Gomes di menit 71. Namun, tak banyak perubahan dari permainan Barca meski keduanya masuk menggantikan Samuel Umtiti dan Denis. Padahal, Barca kembali memiliki peluang jelang laga berakhir, salah satunya dari Suarez di masa injury time.

Hingga peluit panjang dibunyikan, keunggulan 1-0 Barca tetap bertahan. Meski hanya 1-0, Barca tetap berhak memuncaki klasemen La Liga berkat keunggulan selisih gol atas Real Madrid dan Las Palmas.

Susunan Pemain:

Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz; Balenziaga, Boveda, Laporte, Susaeta (Muniain 76), Benat, Iturraspe (Vesga 62), De Marcos, Eraso (Garcia 62), Aduriz, Inaki

Barca (4-3-3): Ter Stegen; Pique, Alba, Umtiti (Mascherano 71), Turan, Rakitic, Busquets, Roberto, Denis Suarez (Andre Gomes 71), Messi, Suarez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Ivan Rakitic adalah pesepak bola profesional Kroasia yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Kroasia.
    Ivan Rakitic adalah pesepak bola profesional Kroasia yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan Tim Nasional Kroasia.

    Ivan Rakitic

  • Athletic Club atau dikenal dengan nama Athletic Vilbao adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Spanyol
    Athletic Club atau dikenal dengan nama Athletic Vilbao adalah sebuah klub sepak bola profesional asal Spanyol

    Athletic Bilbao

Video Terkini