Sukses

Chong Wei Berharap Malaysia Segera Perpanjang Kontrak Hendrawan

Kontrak Hendrawan sebagai pelatih tunggal putra Malaysia akan berakhir Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis andalan Malaysia, Lee Chong Wei, boleh saja gagal merebut medali emas dari nomor perorangan putra pada Olimpiade Rio 2016. Namun, tunggal putra nomor satu dunia tersebut berharap agar Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) bersedia memperpanjang kontrak pelatihnya, Hendrawan.

Seperti dilansir Utusan.my, Chong Wei menganggap, mantan pebulu tangkis nasional Indonesia itu telah berjasa dalam membawanya kembali ke posisi teratas setelah sempat absen selama 8 bulan akibat kasus doping. Di Olimpiade, Chong Wei juga tampil memukau dan sempat mengalahkan musuh bebuyutannya, Lin Dan di babak semifinal. Sayang Chong Wei harus puas merebut perak setelah di final menyerah dari wakil Tiongkok lainnya, Chen Long, 18-21 dan 18-21.

BAM sebenarnya baru mengetahui bila masa kerja Hendrawan akan berakhir Desember 2016. Namun Wakil Presiden BAM, Datuk Seri Mohamad Norza Zakaria,  mengaku akan membicarakan kelanjutan nasib mantan juara dunia bulu tangkis tahun 2001 itu pada 15 September nanti. "BAM akan melihat masalah ini karena sebagian besar kontrak pelatih kita berakhir pada Desember dan penilaian akan didasarkan pada prestasi dan masukan pemain," beber Zakaria.

"Kami juga dapat isu mengenai Hendrawan dari media, semalam dan kami akan tanya Hendrawan juga sebelum membuat keputusan mengenai pelatih dan pemain yang ada di bawah naungan kami," beber Zakaria yang juga menjabat sebagai wakil presiden Komite Olimpaide Malaysia (MOM)

Hendrawan bukan sosok baru bagi tim bulu tangkis Malaysia. Pria kelahiran Malang itu sudah menangani tim tepok bulu negeri jiran Malaysia sejak 1 Juli 2009.

Selain Hendrawan, tim kepelatihan Malaysia juga dihuni oleh legenda bulu tangkis Denmark, Morten Frost Hansen. Mantan langganan jawara All England yang kini sudah berusia 58 tahun tersebut telah ditunjuk sebagai Direktur Teknik BAM sejak 2015. Sesuai kontrak, Hansen akan bertugas hingga 2020.

Sementara itu, tim bulu tangkis Malaysia hanya mampu membawa pulang tiga perak dari Olimpiade Rio de Janeiro yang berlangsung 5-21 Agustus lalu. Selain Chong Wei, dua medali perak lainnya disumbangkan oleh ganda campuran Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, serta ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

"Saya telah berbincang dengan Direktur Teknik BAM, Morten Frost Hansen, agar membuat perencanaan jangka menengah dan jangka panjang untuk memastikan momentum di Rio bisa diteruskan ke depannya," kata Zakaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini