Sukses

Barca Tekuk Bilbao, Enrique Lewati Rekor Mourinho dan Guardiola

Barcelona menang tipis 1-0 atas Athletic Bilbao dalam lanjuta La Liga, Senin dinihari (WIB), 29 Agustus 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menyambut gembira kemenangan yang diraih pasukannya atas Athletico Bilbao dalam lanjutan La Liga, dinihari tadi. Tidak hanya sukses membawa pulang tiga poin, hasil positif di San Memes juga ikut melambungkan nama Enrique di kancah sepak bola Negeri Matador, Spanyol.

Seperti dilansir AS, Enrique kini tercatat sebagai pelatih tercepat yang mampu membawa klub yang sama mengemas 100 kemenangan. Pelatih asal Spanyol itu hanya butuh 126 laga untuk mencapai kemenangan ke-100 bersama Barca yang telah ditanganinya sejak 2014 lalu. Berkat catatan gemilang ini, Enrique berhasil melewati rekor Jose Mourinho yang mencapainya dalam 133 laga. Sedangkan Pep Guardiola berada di posisi ketiga dengan 139 pertandingan.

"Sangat sulit bermain di sini dan kami pulang dengan bahagia," kata Enrique. "Kami tampil baik melawan tim bagus dan kami seharusnya bisa merebutnya lebih awal. Laga itu sangat sulit. Kami mendapat banyak keuntungan dari tiga poin ini," beber pelatih berusia 46 tahun tersebut.

 Athletic Bilbao Vs Barcelona (REUTERS/Vincent West)

Bertandang ke markas Bilbao, Barcelona sebenarnya tidak tampil dengan kekuatan penuh. Neymar yang membela negaranya di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 masih absen. Posisinya masih ditempati oleh Arda Turan yang tampil sejak menit pertama. Di lini depan, Turan tampil bersama Lionel Messi dan Luis Suares.

Namun trio Messi, Turan, dan Suarez, tidak berkutik di depan pemain-pemain bertahan Bilbao. Ketiganya gagal mencetak gol. Bahkan Suarez harus menerima kartu kuning karena pada menit ke-37. Beruntung, Ivan Rakitic berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-21 dan membawa Barca unggul 1-0.

"Saya sebenarnya ingin kami lebih menguasai pertandingan, tapi kami menemukan ruang. Kami bermain dengan kecepatan. Kami bikin kesalahan di awal dan mereka menciptakan peluang. Jadi di babak kedua lebih terbuka, namun hasil yang diraih akan menguatkan kami ke depannya," beber Enrique.

"Ini seperti yang kami alami pada akhir musim lalu. Mereka semua ingin bermain dan pemain kami mampu bangkit. Kami punya skuat yang luar biasa yang benar-benar punya keinginan untuk bersaing," ujar Enrique menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini