Sukses

Rooney Sebaiknya Pensiun dari Timnas Inggris

Rooney diyakini takkan bisa tampil maksimal lagi untuk negara dan klubnya.

Liputan6.com, Manchester - Legenda sepak bola Inggris Alan Shearer mengatakan, bomber Manchester United (MU) Wayne Rooney sebaiknya gantung sepatu dari skuat The Three Lions. Hal ini, kata Shearer, demi kebaikan Rooney sendiri.

Rooney dipanggil Manajer baru Inggris Sam Allardyce untuk laga internasional, akhir pekan ini. Saat mengumumkan skuatnya, Allardyce juga memasukkan nama Rooney sebagai gelandang.

"MU musim ini punya kedalaman skuat bagus dan Rooney harus tampil maksimal untuk memastikan dia tetap di dalamnya," tulis Shearer dalam kolomnya untuk The Sun.

"Ini adalah waktu bagi Rooney untuk egois dan mulai berpikir tentang dirinya. Dan itu berarti, saya benar-benar menyesal untuk mengatakannya, dia harus pensiun dari sepak bola internasional."

"Saya tidak mengatakan ini dengan keyakinan bahwa dia tidak cukup bagus lagi untuk Inggris. Tapi dia sekarang 30 tahun dan jadi kapten klub serta negaranya. Memuaskan permintaan untuk bermain di level teratas untuk keduanya sangat sulit ."

Shearer juga pernah di posisi Rooney. Setelah Piala Eropa 2000, Shearer yang saat itu berusia 29 tahun memutuskan pensiun dari Timnas Inggris. Ia lalu fokus bersama klubnya Newcasle United dan bermain maksimal hingga usia 35 tahun.

"Rooney tak perlu malu jika mengambil keputusan pensiun. Dia bermain tanpa pamrih untuk Inggris dan sering mewakili negaranya meski sedang cedera. Dia adalah top skorer Inggris sepanjang masa dan selalu memakai jersey negaranya dengan bangga," Shearer mengakhiri.
Striker Manchester United asal Inggris, Wayne Rooney. (AFP/Paul Ellis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Inggris merupakan salah satu negara yang merupakan dari bagian Britania Raya
    Inggris merupakan salah satu negara yang merupakan dari bagian Britania Raya

    Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United