Sukses

Lima Rising Star yang Lahir pada Putaran Pertama

Banyak pemain muda yang mencuri perhatian di paruh pertama Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Liputan6.com, Jakarta- Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo sudah menyelesaikan putaran pertama. Beberapa pemain muda yang bersinar atau yang dianggap rising star mencuat berkat permainan apiknya bersama klub yang dibelanya.

Pemain yang sebelumnya dinilai tampil biasa saja ternyata bisa menjadi penentu dalam tim. Ya, tidak salah bila mereka tampil sebagai pemain kejutan.

Nama kiper Teja Paku Alam yang memperkuat Sriwijaya FC dan Ambrizal Umanailo milik Persija Jakarta menjadi dua nama yang menarik perhatian.

Selain itu, beberapa nama lain juga tak kalah tampil atraktif selama putaran pertama ini. Bahkan, di antara mereka mulai mendapatkan jatah tampil reguler.

Siapa saja pemain mengejutkan itu? berikut ulasannya versi Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Teja Paku Alam

Teja Paku Alam

Usianya masih sangat muda yakni 22 tahun. Tapi, Teja - panggilan akrabnya, tampil luar biasa. Kini, Teja sukses masuk ke dalam lima besar kiper terbaik TSC. Hal ini dilihat dari catatannya yang mengoleksi 40 penyelamatan di TSC 2016.

Permainan mengesankannya mungkin yang tak terlupakan adalah kala Sriwijaya FC melawan Persija Jakarta 24 Juli 2016 lalu. Kala itu, dia sukses membaca bola dengan baik tendangan penalti idolanya, Bambang Pamungkas.

Teja merupakan kiper asli Painan, Sumatera Barat. Dia mengawali karier junior di Deportivo Indonesia. Sejak 2012 dia dipinang Sriwijaya dan masuk ke skuat U-21. Tak lama berselang, dia sudah menjadi andalan tim senior.

3 dari 6 halaman

Ambrizal Umanilo

Ambrizal Umanilo

Winger kelahiran Ternate, 6 Desember 1996 ini menjadi salah satu rising star paling mengejutkan di TSC. Sejak dipercaya Paulo Camargo, Rizal, panggilannya langsung tampil melejit.

Akan tetapi, penampilan Rizal dalam beberapa laga terakhir terbilang mengecewakan. Masih berumur 19 tahun, dia memang memikul beban berat karena tumpulnya lini depan Macan Kemayoran

Namun demikian, catatan statistiknya boleh dibilang lumayan apik. Dia berhasil mencatatkan satu gol dan satu assists, dengan akurasi umpan mencapai 71%. Dia juga berhasil melakukan 50 persen giringan bola sukses.

4 dari 6 halaman

Ricky Fajrin

Ricky Fajrin

Fajrin bisa dibilang menjadi pemain yang paling fenomenal di TSC 2016. Masih berusia 20 tahun, Fajrin langsung meroket.

Tak percuma pelatih Indra Sjafri selalu memainkan Ricky Fajrin di posisi bek kiri. Dia mampu memainkan peran sebagai penjaga pertahanan di sisi kiri dan membantu serangan secara seimbang.

Ricky tercatat sebagai pemain dengan jumlah tekel sukses terbanyak yakni 74 kali. Bahkan, dia juga masuk ke dalam tiga besar pemain dengan operan terbanyak dengan 640 kali.

5 dari 6 halaman

Dendi Sulistyawan

Dendi Sulistyawan

Masih berusia 19 tahun, Dendy memukau bersama Persela Lamongan. Bahkan, performa apiknya itu membuatnya dipanggil oleh Pelatih Timnas, Alfred Riedl untuk seleksi Piala AFF 2016.

Tak berlebihan memang. Pasalnya, Dendi sukses meraih empat gol dan tiga assists untuk Persela dan jadi bintang sejauh ini.

Umurnya yang masih muda memang tak membuatnya minder. Dia berhasil mencatatkan 78% akurasi umpan, dan 68& akurasi tembakan. Cukup penting bagi seorang striker.

6 dari 6 halaman

Irsyad Maulana

Irsyad Maulana

Kendati baru berusia 23 tahun, Irsyad Maulana telah menjadi pemain pilar Semen Padang. Pelatih Nilmaizar memberinya kepercayaan penuh pada musim ini. Sebelumnya bersama Arema, dia jarang mendapat tempat di posisi inti.

Bahkan, dia dijuluki sebagai Neymar milik Semen Padang.Tak terlalu berlebihan memang. Sebab, performanya di lapangan jadi bukti. Sejauh ini, Irsyad sukses mencetak lima gol serta tiga assists untuk Semen Padang.

Catatan statistiknya juga menarik. Dia melakukan 73% akurasi umpan, 50 persen giringan bila, dan 52% tekel sukses. Tiga indikator itu sudah mapan untuk pemain yang pada 27 September nanti berusia 23 tahun tersebut

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini