Sukses

Piala AFF 2016: 3 Rival Timnas Panaskan Mesin, Siapa Lawannya?

Selain Indonesia, tiga peserta Grup A Piala AFF 2016 lainnya juga sudah mengagendakan serangkaian uji coba.

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara peserta Piala AFF 2016 mulai memanaskan mesin. Indonesia yang tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina, juga akan beruji coba melawan tim nasional (timnas) Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/9/2016).

Ini merupakan laga perdana Indonesia setelah lepas dari sanksi FIFA. Pelatih Timnas, Alfred Riedl telah memanggil 22 pemain untuk menghadapi duel ini.

Menariknya, tidak satu pun pemain naturalisasi masuk dalam skema bermain pelatih asal Austria itu. Sebagai gantinya, Riedl memanggil tiga pemain yang berlaga di luar negeri. Mereka adalah Andik Vermansyah (Selangor FA), Dedy Gusmawan (Zeyar Shwe Myay Myanmar), dan Irfan Bachdim (Consadole Sapporo).

Tidak hanya Indonesia yang memanaskan mesin jelang bergulirnya turnamen antarnegara-negara ASEAN itu. Filipina, Singapura, dan Thailand yang akan menjadi lawan Indonesia di Grup A juga mulai mematangkan strategi tim sebelum tampil November mendatang.

Seperti dilansir situs resmi AFF, Thailand yang menjadi juara bertahan bahkan sudah lebih dulu beruji coba melawan Qatar di Doha, 27 Agustus lalu. Dalam duel ini, Gajah Putih menyerah tiga gol tanpa balas. Meski demikian, Pelatih Thailand, Kiatisak Senamuang, tidak khawatir dengan hasil tersebut.

"Kami mencoba beberapa pemain baru dalam dalam laga ini, jadi kami tidak tampil dengan kekuatan penuh," kata Kiatisak. "Saya pikir ini bukan sebuah kemunduran besar. Jika kami menang hari ini, pemain kami bisa terbawa (suasana). Kami kalah, jadi semua tahu apa yang harus diperbaiki," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jajal Negara Lebih Kuat

Setelah menghadapi Qatar, Thailand kembali akan menjajal kekuatan Arab Saudi pada babak penyisihan Piala Dunia 2018, Kamis, 1 September 2016.

Filipina sebagai tuan rumah babak penyisihan Grup A juga tak mau ketinggalan. Setelah resmi mengumumkan skuat yang akan diboyong ke AFF 2016, Filipina juga telah mengagendakan serangkaian uji coba. Pada 4 September mendatang, The Azkals--julukan timnas Filipina-- akan menghadapi Kyrygyzstan di Bishkek. Selanjutnya, semifinalis Piala AFF 2010 itu akan menjajal kekuatan Bahrain di Philippine Sports Stadium in Bocaue, Bulacan, 7 Oktober 2016.

The Azkals awalnya sempat mengagendakan uji coba melawan Turkmenistan di Philippine Sports Stadium, Bulacan, 2 September 2016. Namun laga ini akhirnya batal karena pasukan lawan dihantam badai cedera.

Sementara itu, Singapura berusaha bangkit dari keterpurukan dua tahun lalu gagal menembus babak semifinal Piala AFF 2014. Di bawah asuhan Sundramoorthy, Singapura juga telah menjadwalkan sederet agenda uji coba jelang Piala AFF 2016. Sepulang dari Jepang, timnas Singapura telah dinanti dua laga uji coba melawan Hongkong dan Bahrain. Singapura juga akan menjajal Malaysia pada The Causeway Challenge di National Stadium, 7 Oktober 2016. 

Singapura akan berhadapan dengan Bahrain di Bahrain National Stadium, Manama, 1 Oktober 2016. Sedangkan pada 11 Oktober, Singapura akan bertemu Hong Kong di Mong Kok Stadium. "Bahrain dan Hong Kong adalah lawan bagus. Hong Kong tim yang bagus dengan pemain yang kuat, beberapa merupakan pemain naturalisasi. Permainan mereka mirip dengan lawan kami di Piala AFF, dan kami tidak sabar ingin menjajal mereka," kata Sundramoorthy.

3 dari 3 halaman

Daftar uji coba lawan-lawan timnas di Grup A Piala AFF 2016:

Daftar uji coba lawan-lawan timnas di Grup A Piala AFF 2016:

Thailand
27 Agustus 2016: Thailand Vs Qatar (Doha) 0-3
1 September 2016: Thailand Vs Arab Saudi (penyisihan Piala Dunia 2018)

Filipina
4 September 2016, Filipina Vs Kyrygyzstan (Bishkek)
7 Oktober 2016, Filipina Vs Bahrain (Philippine Sports Stadium)

Singapura
1 Oktober 2016, Singapura Vs Bahrain (Bahrain National Stadium, Manama)
7 Oktober 2016, Singapura Vs Malaysia (National Stadium)
11 Oktober 2016, Singapura Vs Hong Kong (Mong Kok Stadium)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini