Sukses

Guardiola Angkat Bicara Seputar Pertemuan City dan Barcelona

Manchester City akan berhadapan dengan Barcelona di babak penyisihan grup Liga Champions musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah dua kali berpindah klub, Pep Guardiola belum bisa melupakan klub yang telah melambungkan namanya, Barcelona.  Pelatih yang kini menangani Manchester City itu masih menganggap Barcelona bakal menjadi ujian terberat yang bakal dihadapi pasukannya di pentas Liga Champions musim ini.

Seperti diketahui, City bakal bersua Barcelona pada babak penyisihan Liga Champions musim ini. Ini kali ketiga dan keempat Guardiola bertemu dengan tim asal Catalan itu sejak meninggalkannya pada akhir musim 2011-12 lalu.

Dua musim lalu, saat masih menangani Bayern Muenchen, Guardiola pernah bertemu Barca di semifinal Liga Champions dan kalah dengan agregat 3-5.

Meski bukan pertemuan pertama, Guardiola tetap menganggap Barca sebagai lawan tangguh bagi pasukannya. Apalagi di tim lawan masih bercokol trio MSN, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar. Menurutnya, ketiga pemain ini punya peran besar dalam mengganggu skema bermain tim lawan.

"Apakah bertemu Barca lebih cepat dari harapan saya? Apa pun itu pasti akan datang. Kami selalu tampil sebaik mungkin dan tidak ada yang lebih baik dari mereka," katanya kepada Radio Catalan, Tot Costa.

"Tiga penyerang mereka bisa membuat Anda tidak seimbang, tapi masih banyak pekerjaan yang dilakukan di balik layar," bebernya.

Guardiola memang punya banyak kenangan manis bersama Barcelona. Selama menangani tim asal Catalan itu, Guardiola telah menghadirkan tiga gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, dan dua gelar Liga Champions. Ini belum termasuk prestasi yang diukirnya selama masih aktif sebagai pemain.

Saat ini, Barcelona ditangani oleh Luis Enrique. Menurut Guardiola, pelatih berusia 46 tahun itu masih punya banyak tugas rumah.

"Bagaimana Barcelona bermain, Anda catat bahwa masih banyak pekerjaan yang ada di depan Luis Enrique. Mereka akan tetap mengerjakannya dalam tahun-tahun berikutnya," beber Guardiola.

"Mereka tes terbaik bagi kami. Kami telah mendapat tantangan dan kami akan melihat level yang kami bawa nanti," ia menambahkan.

Meski diliputi rasa khawatir akan kekuatan lawan, Guardiola tetap antusias bertemu mantan klubnya. "Saya selalu merasa beruntung bisa kembali lagi ke Camp Nou dan bertemu teman dan orang-orang yang Anda kenal selama ini," tutur Guardiola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini