Sukses

Detik Akhir Bursa Transfer: City dan Chelsea Paling Sibuk

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kejutan yang terjadi di hari terakhir bursa transfer musim panas. Beberapa klub Eropa sibuk melakukan kegiatan transfer pemain.

Manchester City menjadi tim paling sibuk di hari terakhir bursa transfer. Setidaknya, mereka melepas empat pemain bintang dengan status pinjaman selama semusim.

Joe Hart yang dalam sembilan musim terakhir menjadi kiper utama City dilepas manajer Pep Guardiola. Hart dilepas ke klub asal Italia, Torino. Kiper Timnas Inggris itu dilepas Guardiola setelah City memastikan telah mendapatkan tanda tangan kiper asal Chile, Claudio Bravo dari Barcelona.

Guardiola juga melepas striker Timnas Pantai Gading, Wilfried Bony. Pria berusia 27 tahun itu dilepas ke klub Inggris, Stoke City. Dua pemain City lainnya yang dilepas Guardiola adalah Samir Nasri yang hengkang ke Celta Vigo dan Eliaquim Mangala bergabung ke Valencia.

Wilfried Bony

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chelsea

Klub Inggris lainnya yang sibuk di hari terakhir bursa transfer adalah Chelsea. The Blues (sebutan Chelsea) mendatangkan dua bek, yakni Marcos Alonso dan David Luiz.

Chelsea mendatangkan Alonso dari Fiorentina dengan mahar sebesar 20 juta pounds atau setara Rp 349 miliar. Sedangkan David Luiz didatangkan dari Paris Saint-Germain dengan mahar 38 juta pounds atau Rp 785 miliar.

David Luiz

David Luiz bukanlah orang baru di skuat Chelsea. Dia pernah memperkuat Chelsea pada 2011 hingga 2014.

Selain mendatangkan pemain, The Blues juga melepas satu bintangnya, Juan Cuadrado. Winger Timnas Kolombia itu hengkang ke Juventus dengan status pinjaman selama tiga musim.

Juan Cuadrado ke Juventus

Perjanjian tersebut mewajibkan Si Nyonya Tua (sebutan Juventus) menyerahkan uang sebesar 5 juta euro per musim selama tiga tahun. Nantinya, Juventus harus membeli Cuadrado dengan harga 25 juta euro. Chelsea juga melepas striker Brasil, Lucas Piazon ke Fulham hingga 15 Januari 2017.

3 dari 4 halaman

Liverpool

Sementara itu, Mario Balotelli akhirnya mendapat klub baru. Liverpool, klub pemilik Balotelli, rela melepasnya ke klub asal Prancis, Nice tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Selain Balotelli, The Reds (julukan Liverpool) melepas Luis Alberto ke Lazio. Klub asal Italia itu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 juta euro untuk mendapatkan Luis Alberto.

Pemain Liverpool lainnya, Lazar Markovic bergabung dengan tim Portugal, Sporting Lisbon. The Reds meminjamkan Markovic selama semusim penuh.

Lazar Markovic dipinjamkan ke Sporting Lisbon

4 dari 4 halaman

Transfer Pemain Lain

Arsenal juga membuat kejutan di bursa transfer musim panas ini. Meriam London (sebutan Arsenal) melepas gelandang asal Inggris, Jack Wilshere ke Bournemouth dengan status pemain pinjaman.

Bek asal Spanyol, Alvaro Arveloa akhirnya menemukan baru setelah kontraknya tidak diperpanjang Real Madrid. Dia bergabung dengan West Ham United dengan kontrak selama setahun.

Sementara itu, AC Milan menemukan kata sepakat dengan Espanyol mengenai transfer Diego Lopez. Mantan kiper Real Madrid itu telah bergabung dengan Espanyol dengan status sebagai pemain pinjaman selama semusim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Mario Balotelli adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bergabung dengan klub Liga Premier Italia dan tim nasional Italia.
    Mario Balotelli adalah pemain sepak bola profesional Italia yang bergabung dengan klub Liga Premier Italia dan tim nasional Italia.

    Mario Balotelli

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Bursa Transfer

  • David Luiz