Sukses

4 Pemain Bintang Turun Kasta di Bursa Transfer

Hart menjadi salah satu nama pemain yang tersisih di Manchester City. Kiper Timnas Inggris ini bergabung dengan klub papan tengah Serie A

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2016/17 telah rampung. Kepindahan pemain-pemain kondang yang 'turun kasta' menjadi sorotan di pasar jual beli pemain tahun ini. Kesempatan bermain yang minim di klub lama menjadi alasan, mereka berganti klub di bursa transfer.

Joe Hart menjadi salah satu nama pemain yang tersisih di Manchester City. Kiper Timnas Inggris ini bergabung dengan klub papan tengah Serie A, Torino. Ironis, mengingat Hart menjadi bagian penting The Citizens merebut dua gelar Premier League. Hart tersingkir setelah manajer baru City, Josep Guardiola mendepak dari tim inti. 

Selain Hart, berikut deretan nama pemain lain yang turun kasta di bursa transfer musim panas 2016/17 sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jack Wilshere

1. Jack Wilshere

Nama pemain Timnas Inggris, Jack Wilshere tersingkir dari daftar skuat Arsenal. Dia gagal bersaing dengan Santi Cazorla. The Gunners sepakat meminjamkan Wilshere ke Bournemouth dengan status sebagai pemain pinjaman selama satu musim.

Sejauh ini, belum ada opsi dari Bournemouth untuk mempermanenkan kontrak sang pemain. Cedera membuat Wilshere gagal menembus skuat inti Arsenal. Musim lalu, Wilshere bermain selama 37 menit pada dua pertandingan Liga Inggris.

Sebelum bergabung dengan Bournemouth, sejumlah klub papan atas Eropa ramai-ramai mendekati sang pemain. Termasuk dua tim Serie A, AS Roma dan AC Milan. Namun, Wilshere memilih tetap bermain di Inggris. Terlepas dari masalah cedera, Wilshere tetap masuk dalam skuat Inggris di Piala Eropa 2016.

3 dari 5 halaman

Mario Balotelli

2. Mario Balotelli

Sempat tidak memiliki klub, Mario Balotelli akhirnya berlabuh di klub asal Prancis, Nice dengan status bebas transfer. Liverpool membuang Balotelli. Selain minim gol, sikap bengal sang pemain membuat dia semakin tersisih dengan tim inti.

The Reds sepakat meminjamkan pemain Italia itu ke AC Milan. Namun, sang pemain tetap tidak menunjukkan perubahan. Selain performa yang semakin anjlok, mantan bomber Manchester City ini tetap tidak berubah. Milan mengembalikan Balotelli, namun Liverpool menolak. Praktis, nasib Balotelli terkatung-katung.

Beruntung, Balotelli mulai bisa berkarya lagi di musim 2016/17. Balotelli bergabung dengan klub Ligue 1 Prancis, Nice. Prestasi Nice musim lalu di kancah Liga Domestik termasuk cemerlang. Nice mengakhiri musim di peringkat 3 akhir musim lalu.

4 dari 5 halaman

Samir Nasri

3. Samir Nasri

Pemain asal Prancis, Samir Nasri kini bermain untuk klub La Liga, Sevilla. Mantan pemain Arsenal ini hengkang ke tim Andalusia setelah tidak mendapat tempat di Manchester City. Nasri memiliki nasib yang sama dengan Hart, kehilangan tempat di tim inti.

Nasri datang ke Sevilla dengan status sebagai pemain pinjaman dari Manchester City. Nasri sendiri sebelumnya telah mengisyaratkan bakal pindah klub. "Masih ada kemungkinan pindah. Ini tergantung pada banyak hal," kata Nasri setelah City menggulung West Ham akhir pekan lalu sebagaimana dilansir dari Goal.

Selain Sevilla, Nasri diisukan bakal hengkang ke klub asal Turki, Besiktas. Bahkan, manajemen Besiktas telah mengirim utusan sebanyak 5 orang plus jet pribadi untuk langsung menerbangkan Nasri ke Turki. Namun, sang pemain memilih bergabung dengan Sevilla, tim tersukses di Europa League dengan 5 gelar.

5 dari 5 halaman

Joe Hart

4. Joe Hart

Joe Hart resmi berkostum Torino mulai musim 2016/17. Dia gagal masuk proyeksi manajer baru City, Josep Guardiola. Keputusan itu membuat Hart menjadi pemain Inggris pertama yang merumput di Serie A sejak Serie A bergulir pada 1929.

Media-media Italia, melansir foto Hart di sebuah balkon dengan kostum Torino. Hart datang ke Torino dengan status sebagai pemain pinjaman selama satu musim. Sama seperti mantan rekannya, Samir Nasri.

Hart sempat ragu untuk menerima pinangan dari Torino. Namun, dia mendapatkan penjelasan menarik dari eks rekannya di ManCity, Micah Richards yang sempat membela Fiorentina. "Dia tanya saya soal Italia dan saya bilang kepadanya itu boleh jadi negara terindah yang bisa Anda kunjungi," ujar Richards seperti dikutip Guardian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.