Sukses

Rossi Tularkan Ilmu Ini kepada 2 Pembalap Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Imanuel Pratna dan Galang Hendra Pratama merupakan dua pembalap Indonesia yang sangat beruntung bisa mendapat ilmu dari legenda MotoGP, Valentino Rossi. Mereka mendapat ilmu Rossi saat mengikuti VR 46 Riders Academy, Juli lalu.

Pada saat di VR 46 Riders Academy, Galang mengatakan, para instruktur di sana memberikan pendidikan mengenai balap secara rinci. Cara ini menurut Galang sangat berbeda dengan yang didapatnya ketika di Indonesia.

"Kalau di sana, latihan fisiknya sangat sedikit, lebih banyak berada di sirkuit untuk menaklukkan motor. Kalau di Indonesia latihan fisiknya yang dibanyakin," ucap pembalap Yamaha Racing Indonesia tersebut di Jakarta, Sabtu (3/9/2016).

Lebih banyak bermain di sirkuit membuat, pria asal Yogyakarta itu lebih memahami cara menaklukkan motor dengan akselerasi besar. Selama latihan di VR 46 Riders Academy, semua pembalap muda memakai motor dengan mesin 600 cc. "Sejak saat itu, saya sudah paham bagaimana mengusai motor dengan baik. Ternyata harus tenang dan rileks," ucap Galang.

Galang Hendra Pratama  (Foto: Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

Sementara itu, Imanuel mengatakan, dia menjadi lebih berani saat menghadapi tikungan. Imanuel mengakui, sebelum mendapat ilmu dari Rossi, dia sering was-was ketika melewati belokan.

"Saya sempat kesulitan membawa motor yang 600 cc. Tapi, itu semakin membuat saya berani mengontrol motor. Itu juga membuat saya semakin mahir mengendarai motor 250 cc saat balapan di Sentul, kemarin," ucap Imanuel, pembalap Satelit Yamaha.

Imanuel Pratna (Foto: Liputan6.com/Cakrayuri Nuralam)

1 dari 2 halaman

Kesempatan Kedua

Pada pertengahan bulan ini atau tepatnya pada 13 hingga 18 September 2016, Galang dan Imanuel punya kesempatan mendapat ilmu dari Rossi. Mereka akan berangkat ke Italia pada 12 September untuk mengikuti VR 46 Riders Academy 2nd Master Camp.

"Nanti, saya ingin banyak belajar lebih banyak tentang teori, fisik dan cara menjadi pembalap hebat. Saya ingin lebih baik lagi setelah mendapat kesempatan kedua," ucap Galang.

Dalam kesempatan kedua ini, mereka kembali akan ditempa mental dan fisiknya. Galang dan Imanuel juga bakal berlatih di gym, balapan di area flat track Motor Ranch menggunakan YZ250F dan latihan di Sirkuit MotoGP San Misano menaiki YZF-R3.

Rencananya, Rossi dan para instruktur di VR 46 Riders Academy bakal mendampingi latihan saat di Motor Ranch dan Sirkuit San Misano. Latihan tambahan yang bakal didapat Galang dan Manuel adalah balapan gokart di San Marino pada 17 September 2016.

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Dovizioso Sebut Marquez Pembalap Spesial
Artikel Selanjutnya
Cerita Ibu Tiri tentang Sosok Pantang Menyerah Valentino Rossi