Sukses

3 Pemain Senior Harimau Malaya dan Kenangan Manis di Indonesia

Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee mencantumkan tiga pemain senior, Mohd Amri Yahyah, Khairul Che Mat, dan Baddrol Bakhtiar.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Malaysia tampil dengan kekuatan penuh ketika menghadapi Malaysia di pertandingan uji coba, Selasa, (6/9/2016). Duel ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. 

Arsitek Harimau Malaya, Ong Kim Swee memanggil 24 pemain. Tiga belas di antaranya adalah muka baru. Sedangkan, 11 pemain lain pernah malang melintang di level tim nasional. Sang pelatih mencantumkan trio pemain senior Mohd Amri Yahha, Khairul Fahmi Che Mat, dan Baddrol Bakhtiar.

Amri terbilang paling senior. Dia telah berumur 35 tahun dan dia pun ditunjuk sebagai kapten. Sementara, Kahirul Fahmi sudah memperkuat Malaysia sejak 2010 dan Baddrol mengenakan kostum Malaysia sejak 2009. Tiga pemain tersebut memiliki kenangan manis di Indonesia 6 tahun lalu.

Ya, tiga pemain tersebut memiliki kenangan manis di Indonesia. Mohd Amri Yahya dan kiper Khairul Che Mat sempat mengangkat trofi Piala AFF 2010 di Indonesia. Sedangkan, Baddrol Bakhtiar merebut medali emas cabang sepak bola SEA Games 2011 di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mohd Amri Yahya

Mohd Amri Yahyah (Johor Darul Ta'zim)

Bomber 35 tahun ini sudah memperkuat Malaysia sejak 2004. Dia pun sudah membela Malaysia di Piala Tiger 2004 (sebelum bernama Piala AFF). Amri telah 58 kali membela Malaysia dan mencetak 12 gol.

Dalam perjalanan kariernya, Amri sudah enam kali berjumpa dengan Indonesia di semua ajang. Dia merasakan tiga kemenangan dan tiga kekalahan. Namun, selama ini dia belum bisa membobol gawang Indonesia. Momen terindah Amri bersama Malaysia adalah mencetak dua gol ke gawang Manchester United dalam laga persahabatan pada 2009.

Dia juga mencetak gol ke gawang Barcelona saat memperkuat Malaysia Selection pada 2013. Amri andalan Malaysia saat menjuarai Piala AFF 2010. Di final, Malaysia menang secara agregat atas Indonesia.

3 dari 4 halaman

Baddrol Bakhtiar

Baddrol Bakhtiar (Kedah)

Baddrol Bakhtiar merupakan salah satu andalan timnas Malaysia sejak 2009. Hingga saat ini, gelandang Kedah tersebut telah bermain 42 kali bersama timnas dan mencetak 6 gol.

Sang pemain menjadi salah satu elemen penting Malaysia di Piala AFF 2014. Hanya saja, Baddrol gagal membawa Malaysia juara dan harus pus menjadi runner-up. Di final, Malaysia kalah dari Thailand.

Dia salah satu gelandang Malaysia paling impresif. Saat masih muda, dia pernah menjalani trial bersama Chelsea pada 2008 silam. Dia sempat berlatih dua pekan bersama beberapa pemain senior The Blues seperti Shaun Wright-Phillips, Tal Ben Haim, Steve Sidwell, dan Nicolas Anelka.

Pemain yang sejak 2005 memperkuat Kedah ini dan telah melakoni 296 laga, pertama kali tampil bersama timnas Malaysia pada 12 Agustus 2009 melawan Kenya. Dia mencetak gol pertama untuk timnas pada 18 November 2009 melawan Uzbekistan.

4 dari 4 halaman

Khairul Fahmi Che Mat

Khairul Fahmi Che Mat (Kelantan)

Khairul Fahmi Che Mat menjadi salah satu pilar Malaysia saat menjuarai Piala AFF 2010 untuk pertama kalinya dalam sejarah. Fahmi sudah memperkuat Timnas Malaysia sejak 2010 dan melakoni debut pada 3 September 2010.

Khairul menjadi andalan di Timnas U-23 Malaysia dan tampil di SEA Games 2011 saat meraih medali emas. Dia juga menjadi andalan Malaysia di Piala AFF 2014 saat menjadi runner-up.

Fahmi sempat mendapat gemblengan tim kuat Belanda, PSV Eindhoven. Saat itu, PSV tertarik dengan performanya dan mengundangnya untuk menjalani trial. Dia berada di Eindhoven selama seminggu dan digembleng pelatih kiper PSV. (Penulis: Indra Eka Setiawan)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.