Sukses

Alasan MU Coret Schweinsteiger di Liga Europa

Schweini sendiri baru menjalani laga perpisahan bersama Timnas Jerman.

Liputan6.com, Jakarta Bastian Schweinsteiger didaftarkan Jose Mourinho untuk skuat Manchester United di Liga Premier 2016/2017. Namun, nama pemain yang akrab dipanggil Schweini ini malah tak dimasukkan ke dalam skuat MU untuk Liga Europa.

Situasi Schweini di MU saat ini sedang tak kondusif. Mourinho sudah menegaskan bahwa Schweini tak masuk dalam rencananya di MU. Tak heran jika hingga ini Schweini sama sekali belum dimainkan.

Meski begitu, Mourinho tetap mendaftarkan nama Schweini di Liga Premier Inggris. Namun, keputusan berbeda diambil Mourinho saat mendaftarkan skuatnya di Liga Europa. Nama pemain yang sudah memutuskan pensiun dari Timnas Jerman itu menghilang dari daftar pasukan The Red Devils.

Berdasarkan regulasi UEFA, klub hanya bisa memiliki 21 pemain yang masuk kategori non club-trained dalam daftar 25 pemain mereka. Sisanya untuk memberikan tempat kepada pemain club trained. Sedangkan MU justru kini memiliki 22 pemain non club-trained, sehingga satu pemain harus dikorbankan.

Guna memenuhi syarat menjadi club-trained, pemain harus menghabiskan tiga musim penuh di Old Trafford antara usia 15 dan 21 tahun. Wayne Rooney, Marcus Rashford, dan Jesse Lingard adalah dua pemain yang memenuhi persyaratan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Nasib Buruk Schweini

Alhasil, Schweini dianggap sebagai pemain yang layak dikorbankan. Kebetulan, ia sudah melewati momen berlatih bersama tim cadangan.

Sentimen Mourinho kepada Schweini sendiri dimulai saat sang pemain tak dibawa kala MU melakoni laga uji coba dengan Galatasaray di Nya Ullevi, 31 Juli 2016. Tak hanya itu, Mourinho juga meminta Schweini untuk berlatih bersama tim cadangan MU saja. 

Bahkan, Mourinho juga mendesak Schweini agar segera memindahkan lokernya ke kamar ganti tim cadangan. Untuk mempertegas keputusannya, Mourinho pun sempat menyatakan sulit bagi Schweinsteiger untuk kembali tampil regular bersama MU.

Dengan kondisi ini, Schweini pun dipastikan tak bermain saat MU melawan Feyenoord, Zorya, dan Fenerbahce di Grup A. Namun, Mourinho masih bisa mengubah keputusan untuk mendaftarkan kekasih petenis Ana Ivanovic ini di fase gugur usai musim dingin 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini