Sukses

7 Pemain Liga Inggris Ini Harganya Dianggap Kemahalan

Paul Pogba dan David Luiz masuk daftar ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak terjadi kejutan dalam bursa transfer musim panas tahun ini. Kepindahan pemain dengan banderol tinggi kendati dianggap tidak sesuai dengan kemampuan cukup menghiasi Liga Primer Inggris.

Bukan hanya klub-klub langganan papan atas yang menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain incaran. Padahal, tidak sedikit para pemain bidikan klub-klub tersebut belum benar-benar teruji di Liga Inggris.

Dalam bursa transfer musim panas tahun ini, setidaknya ada tujuh pemain yang harganya dianggap kemahalan versi 90min. Berikut daftar yang dirangkum Liputan6.com:

7. Yannick Bolasie ke Everton: 25 juta pounds

Yannick Bolasie menjadi bagian penting dalam skuat Crystal Palace selama tiga musim. Everton berminat mendapatkannya dan rela membayar 25 juta pounds kepada Palace.

Harga itu amat mengejutkan, apalagi Blasie hanya mencetak sembilan gol di Liga Inggris dari tiga musim bersama Palace. Everton sendiri awalnya tertarik kepada Moussa Sissoko, tapi sang pemain lebih berminat hengkang ke Tottenham Hotspur usai Newcastle United degradasi.

Ketika ditanya soal harga mahal Bolasie, petinggi Everton, Phil Kirkbride, tak mempermasalahkannya. "Itu uang yang banyak, tapi begitulah cara pasar transfer hari ini," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Michy Batshuayi

6. Michy Batshuayi ke Chelsea: 33,2 juta pounds

Marseille tengah dalam masalah finansial sehingga harus menjual pemain bintang mereka. Michy Batshuayi masuk daftar jual Marseille dan Chelsea langsung bergerak.

Usianya baru 22 tahun dan Chelsea rela merogoh kocek sedalam 33,2 juta pounds demi meminang Batshuayi. Klub London Barat itu juga menggaji penyerang asal Belgia itu sebesar 100 ribu pounds per pekan.

Banyak yang meragukan kapasitas Batshuayi, terutama tampil di Liga Primer Inggris yang terkenal keras dan ketat. Harga beli Batshuayi juga dianggap kemahalan, karena kemampuannya belum teruji.

3 dari 7 halaman

Christian Benteke

5. Christian Benteke ke Crystal Palace: 27 juta pounds

Crystal Palace kembali terlibat dalam transfer kemahalan. Hanya saja, kini mereka yang membeli pemain. Christian Benteke mereka beli seharga 27 pounds dari Liverpool.

Padahal, Benteke baru melalui musim yang gagal bersama The Reds. Penyerang Belgia itu hanya mencetak 10 gol untuk Liverpool di semua kompetisi musim lalu.

Harga jual Benteke yang tinggi membuat The Reds setidaknya tidak rugi banyak. Palace sendiri menaruh keyakinan Benteke akan kembali haus gol seperti saat memperkuat Aston Villa.

4 dari 7 halaman

Moussa Sissoko

4. Moussa Sissoko ke Tottenham: 30 juta pounds

Penampilan menawan Moussa Sissoko di Piala Eropa 2016 membuatnya banyak diminati klub-klub Eropa. Apalagi, klub yang dibelanya, Newcastle United musim lalu terdegradasi sehingga Sissoko mencari pelabuhan baru.

Tottenham Hotspur menjadi klub yang mendapat tanda tangan gelandang internasional Prancis ini.  Tapi, harga 30 juta pounds dianggap kemahalan untuk Sissoko.

Newcastle pun untung besar dari penjualan Sissoko, padahal biasanya klub terdegradasi melepas pemain dengan harga murah. Namun, karena Spurs benar-benar menginginkan Sissoko, harga mahal bukan masalah bagi mereka, apalagi The Lilywhites berkiprah di Liga Champions.

5 dari 7 halaman

David Luiz

3. David Luiz ke Chelsea: 32 juta pounds

Chelsea memutuskan memulangkan David Luiz dari Paris Saint-Germain musim panas ini. Bek asal Brasil itu dibeli Chelsea seharga 32 juta pounds dari PSG.

Padahal, saat membeli David Luiz dari Benfica pada Januari 2011, harganya hanya 25 juta euro. PSG sendiri membeli Luiz dari Chelsea pada 2014 dengan biaya 50 juta pounds.

Performanya gemilang dengan seragam PSG dan Chelsea butuh pemain yang dapat menemani dan menggantikan John Terry di area pertahanan. Tapi, harga 32 juta pounds tak seharusnya dikeluarkan Chelsea, karena level Ligue 1 dinilai lebih rendah dari Liga Primer Inggris dan harga Luiz ditaksir hanya 25 juta pounds.

6 dari 7 halaman

Paul Pogba

2. Paul Pogba ke Manchester United: 89 juta pounds

Paul Pogba memecahkan rekor pemain termahal di dunia usai dibeli Manchester United dari Juventus seharga 89 juta pounds. Padahal, MU melepasnya secara gratis ke Juventus pada 2012.

MU dinilai terlalu mahal menghargai Pogba, terlebih mereka melakukan blunder dalam karier gelandang asal Prancis itu. Argumen lain menyebut kualitas Pogba belum setara dengan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi sehingga nilai 89 juta pounds tidak layak.

Namun, keinginan besar MU membawa pulang Pogba akhirnya tercapai. Meski transfer Pogba dinilai kemahalan, The Red Devils mereguk untuk dari penjualan kaus Pogba yang sangat laku.

7 dari 7 halaman

John Stones

1. John Stones ke Manchester City: 47,5 juta pounds

Banyak yang memprediksi John Stones akan meninggalkan Everton. Hal itu terbukti benar, tapi harga beli sebesar 47,5 juta pounds yang dikeluarkan Manchester City amat mengejutkan.

Apalagi, Stones baru berusia 22 tahun dan belum punya pengalaman bermain di level top. Stones memang bek asal Inggris yang berbakat, tapi City terlalu berlebihan menghargainya.

Terlebih, musim lalu dianggap bukan penampilan terbaik Stones di lini belakang. Nilai 47,5 juta pounds menjadikan dia bek termahal kedua di dunia, di bawah David Luiz kala dibeli PSG dari Chelsea seharga 50 juta pounds. Stones tentu perlu membuktikan kualitasnya sebesar harganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini