Sukses

Timnas Indonesia Sukses Hajar Malaysia di Solo

Timnas Indonesia menang telak lawan Malaysia pada laga uji coba internasional.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses mempermalukan Malaysia 3-0 pada laga uji coba internasional di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016). Ini menjadi modal positif bagi Merah Putih jelang Piala AFF yang digelar pada November nanti.

Sejak kick off, Indonesia sudah tampil garang menghadapi Malaysia. Sedangkan Harimau Malaya terpaksa bermain keras untuk menghalau permainan lincah winger-winger timnas yang diisi Andik Vermansyah dan Zulham Zamrun.

Di menit ke-7, Boaz Salossa sukses membuat papan skor berubah menjadi 1-0. Striker Persipura itu mencuri bola dari bek Malaysia yang lengah. Usai itu, Boaz sukses melepaskan tembakan terarah yang menembus gawang Malaysia.

Keganasan timnas berlanjut saat Irfan Bachdim kembali menambah gol di menit ke-11. Penyerang klub Jepang, Consadole Sapporo ini memanfaatkan umpan pendek Boaz dan melepaskan tembakan menyilang yang susah dihalau kiper Malaysia, Khairul Fahmi.

Malaysia sendiri punya kesempatan cetak gol lewat tendangan bebas kapten Amri Yahyah. Namun tembakan pemain senior Malaysia itu masih melenceng dari gawang.

Sebaliknya, Indonesia malah menambah keunggulan lewat gol Boaz di menit ke-21. Memanfaatkan kemelut, Boaz mampu sambar bola di depan gawang menjadi gol. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk timnas.

Malaysia mencoba untuk memperkecil kekalahan. Namun usaha mereka sia-sia. Skor 3-0 bertahan hingga peluit babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua

Di babak kedua, pelatih timnas Allfred Riedl langsung memasukkan dua pemain anyar. Dia memasukkan Irsyad Maulana gantikan Zulham dan juga Lerby Eliandri yang menggantikan Boaz Salossa.

Pergantian ini tak memengaruhi permainan timnas. Di menit ke-48, Irfan Bachdim nyaris menambah gol tapi tembakannya masih mengenai tiang gawnag.

Irfan tampil trengginas saat menerobos kotak penalti di menit ke-61. Namun gerakannya dihadang kiper Malaysia, Khairul Fahmi. Irfan mengerang kesakitan karena hadangan Khairul mengenai alat vitalnya.

Sayang, wasit tak memberikan sanksi apapun. Ajang uji coba dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Riedl. Dia nyaris mengganti semua pemainnya di babak kedua.

Diantara yang masih bertahan di lapangan yaitu Evan Dimas dan Andik Vermansyah. Andik berperan sebagai kapten usai Boaz Salossa ditarik keluar. Pertandingan cenderung monoton hingga pertandingan berakhir.

Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Berikut Susunan Pemain:

Indonesia (4-4-2): Andritany; Yanto Basna/Dedi G (73), Abdul Rachman/ M Abduh (64), Fachruddin, Benny Wahyudi/ Indra Kahfi (83); Andik, Evan Dimas, Zulham/Irsyad Maulana (46), Bayu Pradana; Boaz Salossa/ Lerby Eliandri (46), Irfan Bachdim/ Ichsan (70)

Malaysia (4-4-2):  Khairil Fahmi; Mattew Thomas, Brendan Seng/Vinod (15), Moh Fadhli/ Mohd Saad (60), Ronny Harun; Irfan Fazail, Baddrol, Amri Yahyah/ Muhamad Fakhrul (77), Zack Haikal; Mohd Azrif, Safawi Rasid/ Mohd Zaquan (58)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini