Sukses

Alasan Real Madrid Layak Jadi Klub Terbaik Eropa 2016

Liputan6.com, Jakarta Klub raksasa Liga Spanyol Real Madrid dinobatkan menjadi klub terbaik Eropa 2016 versi Asosiasi Klub Eropa ECA. Penghargaan ini secara simbolis diserahkan Ketua ECA, Karl-Heinz Rummenigge kepada wakil presiden Real Madrid, Pedro Lopez Jimenez, di Jenewa, Swiss.

Ini adalah penghargaan kedua yang diterima "Los Blancos". Pada 2014, ECA juga mengganjar Madrid dengan gelar yang sama.



Seperti dilansir dari situs resmi klub, alasan pemberian gelar ini, karena ECA menilai Madrid telah menunjukkan prestasi luar biasa di musim 2015-16. Prestasi ini tidak hanya diraih klub, tapi juga individu.

Selain itu, ECA juga menyebut Madrid mampu menampilkan permainan konsisten, baik di Eropa maupun di kompetisi lokal. Penilaian utamanya adalah karena Madrid sukses meraih Liga Champions 2016 setelah mengalahkan rival sekota, Atletico Madrid.

Madrid mengawali musim dengan buruk saat ditangani Rafael Benitez. Akibatnya, Benitez dipecat Madrid pada awal Januari 2016 untuk digantikan Zinedine Zidane.

Penampilan Madrid sempat mengalami pasang surut. Sempat ketinggalan 12 angka, Madrid akhirnya hanya terpaut satu poin dari Barcelona yang akhirnya menjadi kampiun La Liga.

1 dari 2 halaman

Liga Champions

Gagal di La Liga tidak membuat Madrid putus asa. Mereka kemudian fokus mengejar trofi Liga Champions. Hasilnya fantastis, mereka berhasil meraih trofi Liga Champions ke-11 sepanjang sejarah.

Sejak diadakan pertama kali pada 2010, gelar klub terbaik Eropa versi ECA memang selalu diberikan kepada pemenang Liga Champions.

Inter Milan menjadi pemenang pertama pada 2010. Sementara, Chelsea (Inggris) dan Bayern Muenchen (Jerman) masing-masing menang pada 2012 dan 2013. Rival Madrid di La Liga, FC Barcelona, juga meraih trofi tersebut dua kali, yaitu pada 2011 dan 2015.

Capaian Madriddi Liga Champions menegaskan dominasi mereka di jajaran klub terbaik dunia. Madrid menjadi klub dengan raihan Liga Champions 11 kali atau La Undecime yang menempatkannya sebagai klub peraih gelar terbanyak disusul AC Milan dengan tujuh trofi.



Video Populer

Foto Populer