Sukses

Renault Minta Ocon Kembali, Peluang Rio Haryanto Kembali Terbuka?

Sudah dua seri dilewati Rio sebagai pembalap cadangan Manor.

Liputan6.com, Monza - Esteban Ocon baru saja menjadi pembalap utama Manor Racing di sisa musim Formula 1 2016. Berkat penampilannya yang terbilang lumayan, Renault pun berniat memulangkan Ocon. Mereka ingin menjadikan Ocon sebagai pembalap utama di F1 2017.

Ocon menjadi pembalap yang 'dibenci' masyarakat Indonesia. Sebab, kehadirannya di Manor membuat Rio Haryanto disingkirkan dari statusnya sebagai pembalap utama. Setelah mengangkat Ocon sebagai pembalap utama, Rio pun turun kasta menjadi pembalap cadangan.

Tak disangka, kinerja pembalap berusia 18 tahun terbilang lumayan. Ia sempat beberapa kali mengalahkan Pascal Wehrlein, rekan setimnya, dalam sesi latihan bebas. Ia juga mampu konsisten menyentuh garis finis di dua balapan, yakni GP Belgia dan Italia.

Hal itu yang membuat Renault berniat memasukkan Ocon dalam daftar pembalap utamanya di musim depan. Cyril Abiteboul, bos Renault, pun berharap Manor mengabulkan permintaannya tersebut.

"Kami ingin semuanya jelas bagi semua orang meski saat ini ia membalap untuk Manor. Meski Mercedes yang meminjamkannya ke Renault, kami tak kehilangan minat kepadanya. Ia adalah salah satu kandidat yang akan bersaing dengan calon lain," tutur Abiteboul seperti dilansir Motorsport.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenyang Pengalaman

Sebelumnya, Ocon dan Renault sempat menjalin kerja sama setelah dipinjamkan dari Mercedes sebagai pembalap cadangan. Tak hanya itu, Ocon juga pernah ambil bagian dalam latihan bebas pertama GP Abu Dhabi 2014 bersama Lotus.

Bahkan, ia sempat ditunjuk sebagai pembalap penguji Force India di Barcelona pada 2015 sebelum akhirnya menjadi pembalap penguji Mercedes. Dengan segudang pengalaman tersebut, tak heran jika Renault ingin bereuni dengan Ocon.

"Satu hal yang harus saya katakan, meski ada persahabatan sangat baik antara Renault dan Mercedes, di beberapa momen kita harus menentukan nasib sendiri dan berinvestasi dalam pembalap kami sendiri," tegas Abiteboul.

Jika hal tersebut terealisasi, bukan tak mungkin kesempatan Rio untuk kembali menjadi pembalap utama Manor kembali terbuka. Namun, patut ditunggu apakah Rio akan kembali menjadi pay driver atau memang Manor yang menginginkannya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini