Sukses

Alasan Utama Raiola Jual Pogba ke MU Ketimbang Madrid

Raiola membantu MU mendapatkan tiga kliennya di bursa transfer musim panas ini.

Liputan6.com, Manchester- Paul Pogba membuat heboh bursa transfer musim panas 2016. Pemuda Prancis itu memilih kembali ke Manchester United. Demi balik ke Old Trafford, Pogba menolak pinangan dari Real Madrid.

MU harus memecahkan rekor transfer termahal di dunia untuk mendapatkan kembali Pogba. Setan Merah membayar 89 juta pound kepada Juventus.

Pogba pun mengalahkan rekor Gareth Bale sebagai pemain termahal di dunia. Padahal empat tahun lalu Juve mendapatkan Pogba dari MU secara cuma-cuma.

Keberhasilan MU mendapatkan Pogba tak lepas dari jasa agen sang pemain, Mino Raiola. Konon Raiola yang mendorong Pogba memilih gabung ke MU. Raiola kabarnya mendapat komisi hingga 20 juta euro dari transfer Pogba.

Setelah sebulan lebih resmi jadi pemain MU, Raiola akhirnya angkat bicara. Raiola membantah membantu MU mendapatkan Pogba karena tergiur dengan besarnya nilai transfer kliennya itu. Raiola punya alasan lain menyarankan Pogba gabung ke MU.

"Yang terpenting adalah bahwa pemain senang. Bagi saya biaya transfer tidak penting," kata Raiola kepada Cadena COPE. "Pemain-pemain sepak bola pada level ini tidak dijual, pemain-peamin pada level ini dibeli. Gambar yang sangat indah tidak dijual, pemiliknya tidak akan pernah ingin menjualnya, tapi orang-orang membelinya."

Sebelum memutuskan menjual Pogba ke MU, Raiola telah berbicara langsung dengan kliennya tersebut. Setelah tahu Pogba memang menginginkan balik ke MU, baru Raiola mengintensifkan negosiasi.

"Pogba, pada posisinya, merupakan pemain terbaik di dunia dan memiliki potensi untuk menjadi nomor satu secara keseluruhan. Tapi apa yang terpenting adalah pemain berada ditempat yang dia inginkan," tegas Raiola.

Musim panas 2016 menandai kedekatan Raiola dengan MU. Sebelum membantu Pogba balik ke Old Trafford, Raiola sudah lebih dulu membawa dua kliennya ke Old Trafford, penyerang Zlatan Ibrahimovic dan winger Henrikh Mkhitaryan.

Ibrahimovic pindah ke MU dengan status bebas transfer. Sedangkan untuk mendapatkan Mkhitaryan, MU membayar mahar 26,3 juta pound kepada Borussia Dortmund.

Pria asal Italia itu untung besar dengan membantu MU mendapatkan tiga kliennya. Total Raiola mendapatkan uang 32 juta pounds sebagai komisi kepindahan Pogba, Ibra dan Mkhitaryan ke MU.

Berkat setoran dana segar 32 juta pounds dari MU, Raiola bisa membeli villa mewah di Miami, Amerika Serikat, seharga tujuh juta pound. Villa tersebut pernah dimiliki gangster terama Al Capone.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Mino Raiola

Video Terkini