Sukses

Duel Bintang Persiba Vs Arema, Shohei Lawan Sepadan Hamka

Persiba akan mengandalkan Shohei Matsunaga untuk menjebol gawang Arema.

Liputan6.com, Balikpapan - Arema Cronus bertandang ke markas Persiba Balikpapan di Stadion Persiba, pada pekan ke-19 Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, Sabtu (10/9/2016) siang WIB. Duel ini juga akan menyajikan persaingan sengit antara Shohei Matsunaga melawan Hamka Hamzah.

Kontribusi Hamka bagi pertahanan Arema Cronus di TSC 2016 sangat krusial. Pasalnya, mantan pemain Mitra Kukar itu mampu membawa Singo Edan menjadi klub dengan pertahanan terbaik saat ini, setelah baru kebobolan sembilan gol dari 18 pertandingan.

Hamka merupakan tipikal bek tengah yang komplet, karena tangguh di udara sekaligus bola bawah. Statistik yang dilansir LabBola, memperlihatkan ketangguhan Hamka dalam menghalau bola bawah lewat keberhasilan tekelnya mencapai 58 persen.

Selain diandalkan dalam bertahan, Hamka juga memiliki kontribusi besar dari segi penyerangan Arema. Pasalnya, pemain asal Makassar itu telah mencetak tiga gol dan dua assist.

Teranyar, Hamka mampu memberikan assist kepada Johan Alfarize saat Arema mengalahkan Madura United dengan skor akhir 2-1 di Stadion Kanjuruhan.



Namun, yang menarik pada laga melawan Persiba, Hamka akan mendapatkan salah satu lawan sepadan, yakni Shohei Matsunaga. Penyerang asal Jepang itu dikenal memiliki pergerakan yang membuat bek-bek lawan kesulitan menjaga.

Shohei saat ini juga telah mencetak sembilan gol bagi Persiba. Torehan golnya ini membuatnya berada di posisi empat besar daftar top skorer sementara TSC 2016, di bawah Luis Carlos dan Pablo Rodriguez (12 gol) serta Marcel Silva Sacramento (11 gol).

Eks-bomber Persib Bandung ini memiliki akurasi tembakan sebesar 62 persen dan juga giringan bola mencapai 75 persen. Selain piawai mencetak gol, Shohei juga rajin membuat assist bagi rekannya. Sejauh ini, Shohei telah membuat dua assist dan juga memiliki akurasi umpan sebesar 63 persen.

(Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.