Sukses

Babak I: Barca Tertinggal dari Alaves

Liputan6.com, Barcelona - Kejutan terjadi pada babak pertama saat Barcelona menjamu Deportivo Alaves di Camp Nou, Minggu (11/9/2016) dinihari WIB. Pada laga pekan ketiga Liga Spanyol 2016/2017 itu, Barca tertinggal 0-1.

Di atas kertas, Alaves bukan lawan yang bisa menyulitkan Barca. Itu karena Alaves adalah yang baru kembali mencicipi atmosfer Liga Spanyol usai terdegradasi di akhir musim 2005/2006. Namun, Alaves justru mampu menyulitkan Barca.



Pelatih Luis Enrique mengambil risiko dengan mencadangkan Luis Suarez dan Lionel Messi yang dinilai belum bugar 100%. Sebagai gantinya, ia menempatkan Paco Alcacer dan Arda Turan untuk mendampingi Neymar di lini depan.

Kehadiran mereka dan lini tengah yang dihuni Denis Suarez, Sergio Busquets, serta Ivan Rakitic membuat Blaugrana mendominasi permainan sejak awal. Bahkan, mereka nyaris unggul akibat kesalahan yang dilakukan kiper Alaves, Fernando Pacheco, di menit 15. Sayang, peluang itu hanya menghasilkan sepak pojok untuk Barca.

Penguasaan bola terus menjadi milik Barca sepenuhnya. Namun, mereka kesulitan menembus rapatnya lini belakang Alaves. Itu mengapa Barca hanya bisa melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Di lain pihak, Alaves juga berani sesekali melancarkan serangan balik meski terus mendapatkan tekanan. Taktik yang diterapkan pelatih Mauricio Pellegrino terbukti jitu. Menit 39, Alaves sukses mencuri gol lewat aksi Deyverson Silva yang memanfaatkan umpan silang mendatar Kiko Femenia.

Usai mendapatkan kejutan tersebut, Barca mencoba untuk meningkatkan serangan. Peluang demi peluang mereka dapat. Hanya saja, tak ada satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol. Keunggulan 1-0 Alaves tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Susunan Pemain:

Barca (4-3-3): Cillessen; Mascherano, Mathieu, Digne, Turan, Rakitic, Busquets, Vidal, Suarez, Neymar, Alcacer

Alaves (5-4-1): Pacheco, Alexis, Laguardia, Garcia, Hernandez, Femenia, Torres, Mendez, Llorente, Gomez, Deyverson

Video Populer

Foto Populer