Sukses

Barcelona Takluk di Tangan Tim Promosi

Liputan6.com, Barcelona - Unggul materi pemain dan pengalaman tak membuat sebuah tim bisa begitu saja meraih kemenangan. Barcelona pun harus menelan kekalahan 1-2 saat menjamu Deportivo Alaves pada pekan ketiga Liga Spanyol 2016/2017 di Camp Nou, Minggu (11/9/2016) dinihari WIB.

Status sebagai pendatang baru di La Liga musim ini setelah terdegradasi di akhir musim 2005/2006 tak membuat Alaves terbebani. Melawan tim sekaliber Barca, anak asuh pelatih Mauricio Pellegrino itu terbukti mampu bermain lepas.



Serangan demi serangan tuan rumah mampu dipatahkan Alaves. Kebetulan, Pellegrino memang sudah mengantisipasi agresivitas Barca dengan menempatkan lima pemain sekaligus di lini belakang. Taktik itu terbukti jitu.

Di babak pertama, Barca yang tampil tanpa Lionel Messi dan Luis Suarez terlihat frustrasi mencari celah di antara barisan pertahanan Alaves. Mereka malah kecolongan gol Deyverson Silva yang memaksimalkan umpan silang mendatar Kiko Femenia di menit 39.

Meski gagal membalasnya di babak pertama, Barca sukses menyamakan skor saat babak kedua belum genap berjalan satu menit. Adalah Jeremy Mathieu yang menyambut bola sepak pojok Neymar. Sukses menyamakan skor membuat kepercayaan diri Barca kembali.

Sialnya, gawang Barca kawalan Jasper Cillessen justru kembali bergetar di menit 64. Aksi individu Ibai Gomez gagal dihentikan lini belakang Blaugrana hingga Alaves mampu kembali unggul 2-1. Padahal, saat itu pelatih Luis Enrique sudah memainkan Messi di menit 60.

Gol itu pun direspon Enrique dengan memasukkan Andres Iniesta untuk menggantikan Arda Turan di menit 64. Dua menit kemudian, giliran Suarez yang dimainkan sebagai pengganti Paco Alcacer.

Pellegrino juga memanfaatkan stok pergantian pemain. Setelah unggul 2-1, Alaves menarik para pemainnya yang memiliki karakter menyerang. Tujuan mereka adalah mempertahankan keunggulan hingga laga bubar.

Keputusan yang diambil Pellegrino sangat tepat. Meski terus menerus mendapatkan gempuran Barca, mereka tetap mampu menjaga keunggulan 2-1.

Alaves pun meraih kemenangan perdana mereka di musim ini setelah sebelumnya menahan Atletico Madrid 1-1 dan bermain 0-0 melawan Sporting Gijon. Bagi Barca, kekalahan dari Alaves membuat mereka gagal menempel Real Madrid di puncak klasemen.

Susunan Pemain:

Barca (4-3-3): Cillessen; Mascherano, Mathieu, Digne, Turan (Iniesta 64), Rakitic, Busquets, Vidal, Denis Suarez (Messi 60), Neymar, Alcacer (Suarez 66)

Alaves (5-4-1): Pacheco, Alexis, Laguardia, Garcia, Hernandez, Femenia (Vigaray 74), Torres, Mendez (Espinoza 70), Llorente, Gomez (Camarasa 79), Deyverson

Video Populer

Foto Populer