Sukses

MU Cetak Rekor Pendapatan Terbesar di Liga Premier Inggris

Kekuatan finansial MU bertambah sekitar Rp 9,077 triliun.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United mencetak rekor keuntungan terbesar di Liga Premier Inggris. Total pendapatan Setan Merah (sebutan MU) sepanjang musim 2015/16 mencapai 515,3 juta pounds atau sekitar Rp 9,077 triliun hingga 30 Juni 2016 lalu.

Meski tidak berlaga di Liga Champions musim ini, total pendapatan MU itu menjadikan mereka tim pertama asal Inggris yang bisa meraih keuntungan lebih dari 500 juta pounds.

Pemasukan terbesar Setan Merah berasal dari segi komersial sebesar 268,3 juta pounds. Pendapatan komersial MU meningkat sebanyak 36,3 persen. Selain itu, MU mendapat pertandingan dari penjualan tiket pertandingan hingga 106,6 juta pounds.

Besarnya pendapatan ini membuat tim besutan Jose Mourinho itu berhasil merekrut sejumlah pemain bintang pada bursa transfer musim panas lalu. MU berhasil mendatangkan Paul Pogba dari Juventus dengan status sebagai pemain termahal dunia.

"Catatan mengenai performa finansial pada 2016 menunjukkan keberlanjutan kekuatan bisnis dan klub tengah menargetkan untuk meraih rekor pendapatan pada 2017, meski tanpa kontribusi dari Liga Champions," kata Wakil Eksekutif MU Ed Woodward, dikutip dari Goal.

"Performa finansial yang kuat telah memungkinkan kami melakukan investasi pada tim, manajemen serta fasilitas untuk menempatkan kami sebagai penantang sekaligus memenangkan trofi pada tahun-tahun mendatang," ucapnya menambahkan.

Selain itu, MU bisa menambah pundi-pundi uangnya dari Adidas. Pada 2014 lalu, MU dan Adidas sepakat menjalin kerja sama untuk 10 tahun ke depan dengan nilai kontak sebesar 750 juta pounds.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

Video Terkini