Sukses

MotoGP: Demi Saingi Yamaha, Marquez dan Pedrosa Tes Mesin 2017

Honda ingin agar mesin 2017 sudah siap sebelum musim baru dimulai.

Liputan6.com, Misano - Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, tak bisa langsung beristirahat usai melakoni balapan MotoGP San Marino 2016. Selasa (13/9/2016), keduanya kembali turun ke Sirkuit Misano untuk menguji mesin 2017.

Seperti dilansir Crash, mesin Honda tahun ini memang banyak mengalami perubahan, terutama pada counter-rotating crankshaft. Itu adalah sistem mesin di mana arah rotasi dari poros engkol berkebalikan dengan arah putaran ban. Tim yang pertama kali menjajal sistem ini adalah Suzuki dan Yamaha.

Ternyata, Honda memiliki banyak masalah dengan perubahan itu, terutama dengan adaptasi perangkat elektronik (ECU) yang baru. Mulai musim ini, ECU semua tim wajib disetarakan. Tak seperti di musim lalu di mana para tim berhak membuat ECU ciptaan sendiri.

Itu salah satu perubahan regulasi di musim ini selain masuknya Michelin sebagai pemasok ban pengganti Bridgestone. Faktanya, berbagai perubahan itu membuat Honda harus berjuang lebih keras sejak awal musim. Dominasi mereka tak lagi terlihat di setiap seri meski Marc Marquez sedang memimpin klasemen pembalap.

Tak kalah mengesalkan adalah masalah yang dihadapi Honda untuk mengontrol wheelie saat melaju usai keluar tikungan. Berbeda dengan Yamaha yang sudah mulai terbiasa dengan perubahan regulasi di musim ini. Mengenai ban, itu adalah masalah yang dihadapi semua tim di musim ini, bukan hanya Yamaha dan Honda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Marquez dan Pedrosa

Bisa dipastikan tes mesin yang dilakukan Marquez dan Pedrosa adalah bentuk persiapan mereka untuk menghadapi persaingan di musim depan. Seperti diketahui, Yamaha akan kedatangan pembalap berbakat untuk menggantikan Jorge Lorenzo yang hengkang ke Ducati. Ia adalah Maverick Vinales yang saat ini beraksi bersama Suzuki.

Rapor Honda di musim ini sendiri belum cukup memuaskan. Dari 13 seri, hanya empat kali pembalap Honda merebut podium juara. Tiga kemenangan disumbangkan Marquez pada MotoGP Argentina, Austin, dan Jerman. Sedangkan Pedrosa baru mempersembahkan kemenangan di San Marino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini