Sukses

Tiga Stadion Megah Menjadi Pusat Perhatian PON 2016

Selain venue lama, Pemerintah Daerah Jawa Barat juga mempersiapkan venue-venue baru untuk PON edisi ke-19.

Liputan6.com, Bandung - Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 tinggal menghitung hari. Jawa Barat mendapat kesempatan menjadi tuan rumah pesta olahraga terakbar di Indonesia.

Sejumlah venue pertandingan siap menyambut para atlet dari 34 provinsi di Indonesia. Total, sebanyak 68 venue ambil bagian di PON 2016. Puluhan venue tersebut tersebar di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Selain venue lama, Pemerintah Daerah Jawa Barat juga mempersiapkan venue-venue baru untuk PON edisi ke-19.

Stadion Pakansari di Cibinong, Bogor dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menjadi dua venue anyar menyambut PON 2016. Bahkan, GBLA mendapatkan kehormatan sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan PON 2016. Berikut stadion -stadion besar untuk PON 2016. Berikut ulasan tentang tiga stadion megah di PON tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stadion Pakansari

1. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat menjadi venue anyar di PON 2016. Sejak diresmikan pada 2014, Stadion Pakansari kerap menggelar sejumlah event olahraga bertingkat nasional.

Pada gelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo, Stadion Pakansari kandang PS-TNI. Selain PS-TNI, Persib Bandung sempat menggelar laga di stadion ini.

Pada PON 2016, selain menggelar pertandingan cabang sepak bola, Stadion Pakansari juga menghelat cabang olahraga seperti drumband dan atletik.  

Pembangunan Stadion Pakansari menelan biaya hingga Rp 282 miliar yang berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rp 100 miliar dan APBD Pemerintah Kabupaten Bogor sebesar Rp 50 miliar.

3 dari 4 halaman

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

2. Stadion Gelora Bandung Lautan Api 

Stadion GBLA menelan biaya pembangunan sebesar Rp 545 miliar. MoU pembangunan Stadion GBLA terjadi pada 2008. Proses pembanguan Stadion GBLA terjadi antara dua pihak, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

Kesepakatan terjadi antara Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terjadi pada 2008 dengan porsi anggaran 60% Provinsi Jawa Barat dan 40% Kota Bandung; namun dengan catatan, tanah dan dan gedung menjadi aset Provinsi. 

Pada PON 2016, jalan masuk stadion GBLA menjadi venue untuk sepatu roda. Stadion GBLA belum berpenghuni. Namun, Tim Kota Kembang, Persib Bandung sempat menggelar pertandingan El Clasico kontra Persija Jakarta.

4 dari 4 halaman

Stadion Patriot Bekasi

3. Stadion Patriot Bekasi

Selain dua venue tersebut, Stadion Patriot Bekasi menjadi salah venue megah untuk gelaran PON 2016. Stadion Patriot akan menggelar pertandingan cabang sepak bola.

Stadion Patriot Bekasi sudah berdiri sejak 1984 atau 32 tahun lalu sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat. Namun pada 2012, kandang Persipasi Bekasi ini mengalami renovasi besar-besaran.

Kapasitas meningkat pesat menjadi 30 ribu kursi dan berubah menjadi stadion bertaraf internasional. Stadion Patriot kembali diresmikan pada (11/3/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini