Sukses

Wasit Tewas Usai Kena Hantam Bola di Bagian Kepala

Asosiasi hoki es Ceko akan menggelar hening cipta selama semenit untuk mengenang Pavel Lainka.

Liputan6.com, Jakarta Nasib naas menimpa wasit hoki es saat menjalankan tugasnya. Pavel Lainka tewas setelah terkena hantaman bola saat memimpin pertandingan Brno Vs Sumperk pada Liga Ceko, Sabtu pekan lalu.

Seperti dilansir AS, insiden bermula saat  salah seorang pemain melepaskan umpan ke arah rekannya. Sayang, bola hoki yang berbentuk kepingan justru meluncur mengenai wajah Lainka yang ada di depannya.

Akibatnya, Lainka limbung dan segera meluncur ke tepi lapangan. Dia tampak berusaha membuka pelindung kepalanya. Tidak lama kemudian, dia kemudian terjatuh ke es dan tidak sadarkan diri.

Rekan-rekan wasit lainnya berusaha menolong Lainka. Namun kondisinya terus memburuk.

Lainka segera dilarikan ke rumah sakit yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. Namun nyawa Lainka tidak tertolong lagi. Dia dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami cedera serius di bagian kepala.

Bola yang digunakan hoki es berbentuk pipih dengan diameter 2 inci dan ketebalan 1 inci. Beratnya 156-170  gram. Awalnya bola hoki es terbuat dari kayu. Namun belakangan sudah diproduksi berbahan karet.

Kejadian ini tentu saja membawa duka mendalam bagi dunia hoki Ceko. Federasi Hoki Es Ceko meminta agar setiap laga meluangkan waktu selama semenit untuk mengheningkan cipta mengenang Lainka.

"Pavel Lainka sangat aktif dan sukses dan juga salah satu wasit lulusan pertama Universitas Masaryk di Brno, "kata Vladimir Sindler, ketua komite wasit, Asosiasi Hoki Es Ceko.

"Banyak yang mengenang Pavel bukan hanya di lapangan es dan seminar, tapi juga sebagai seorang teman yang selalu senang dan tersenyum dan rekan kerja yang luar biasa," beber Sindler.


Atau klik videonya pada tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.