Sukses

Evolusi Posisi Messi Bersama Enrique di Barcelona

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi mendapatkan pujian tinggi dari pelatih Barcelona, Luis Enrique usai cetak hattrick melawan Glasgow Celtic pada pertengahan pekan lalu. Enrique menyebut Messi sebagai roh dari total football yang ditampilkan Barcelona.


Banyak anggapan, sangat mudah punya pemain seperti Messi. Pelatih manapun bisa memainkan Messi dan mendapatkan kemenangan.

Namun, seperti dilansir Marca, pelatih Barcelona yang pernah 'mengasuh' Messi ternyata punya metode yang berbeda-beda. Frank Rijkaard yang pertama kali menangani Messi lebih suka menempatkan dia di posisi tengah.

Sedangkan Joseph Guardiola lebih suka menempatkan Messi sebagai winger dan striker palsu. Tito Vilanova lebih suka meniru Rijkaard yaitu menempatkan Messi sebagai striker untuk bisa maksimalkan potensi gol.
  Trio MSN Barcelona: Neymar, Lionel Messi, Luis Suarez. (AP Photo/Manu Fernandez)
1 dari 2 halaman

Posisi Bebas


Lalu bagaimana dengan Luis Enrique? Eks pelatih Celta Vigo ini lebih membebaskan posisi bermain Messi.

Bintang Barcelona ini terkadang bisa bermain lebih dalam sebagai gelandang. Neymar dan Luis Suarez menikmati servis lewat umpan-umpan Messi.

Messi tentu tetap bisa mencetak gol. Namun kini, semakin sulit untuk mendefinisikan posisi Messi di Barcelona.

"Messi itu pemain terbaik dunia untuk nomor 10, 8, 6. Saya tentu tidak cerdas untuk membatasi itu," kata Enrique seperti dikutip Marca.

Video Populer

Foto Populer