Sukses

La Liga Usut Kasus Transfer Neymar ke Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Sepakbola Spanyol (La Liga) secara resmi akan memulai penyelidikan terhadap Barcelona. Investigasi terkait dengan transfer Neymar ke Camp Nou tiga tahun silam.

La Liga meminta klub menyediakan dokumen perihal perjanjian tersebut.

"Menyusul laporan-laporan media yang tersebar luas, La Liga mengonfirmasikan sidang informatif akan digelar dengan Barcelona menyangkut kesepakatan antara dewan direksi klub dan kantor Jaksa Umum Spanyol dalam kasus hukum Neymar." Demikian pernyataan resmi La Liga.



Sebelumnya Pengadilan Tinggi Spanyol memperkarakan pembelian kapten Brasil itu dari Santos pada 2013 untuk dugaan penggelapan pajak.

Barca pada awalnya mengklaim nilai pembelian Neymar sebesar 57,3 juta euro. Tapi, pada Juli silam Susana Monje selaku wakil presiden klub bidang ekonomi mengklarifikasi 19,3 juta euro merupakan ongkos transfer kepada Santos.

Sementara, 40 euro juta sisanya yang dibayarkan kepada N&N - perusahaan milik ayah Neymar - adalah gaji si pemain.

Otoritas pajak Spanyol memandang nilai revisi transfer Neymar terlampau rendah. Barcelona pada akhirnya sepakat membayar denda 5,5 juta euro untuk menghindari tuntutan dan menyudahi permasalahan hukum ini.

Perjanjian tersebut sekaligus meloloskan mantan presiden klub Sandro Rosell serta presiden terkini Josep Maria Bartomeu, orang-orang yang bertanggung jawab langsung di kubu Barca untuk struktur transfer Neymar, dari ancaman hukuman penjara.

Neymar sendiri baru-baru ini menandatangani kontrak baru di Camp Nou hingga lima tahun mendatang. Agen Neymar mengklaim penyerang 24 tahun itu, sempat dapat tawaran gila dari Paris Saint-Germain sebelum memperpanjang komitmen dengan Azulgrana.


Video Populer

Foto Populer