Sukses

10 Fakta Menarik Persipura Vs Semen Padang

Semen Padang memiliki banyak pemain yang berasal dari Papua.

Liputan6.com, Jakarta- Balas dendam menjadi misi Persipura saat menjamu Semen Padang pada pekan ke-20 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Sabtu (17/9). Bukan apa-apa, pada pertemuan pertama di Stadion H Agus Salim, Mutiara Hitam - julukan Persipura, kalah dengan skor 0-2.

Kala itu, gol dari Marcel Silva Sacramento dan Vendry Mofu membuat Mutiara Hitam pulang dengan kepala tertunduk.

Bertindak sebagai tuan rumah, Mutiara Hitam optimistis bisa mengalahkan Kabau Sirah - julukan Semen Padang. Maklum saja, Persipura kini tak lagi ditangani Jafri Sastra seperti pada pertemuan pertama. Mereka dilatih arsitek asal Argentina, Angel Alfredo Vera.

Bersama Alfredo Vera, Persipura mampu tampil gemilang. Dari 6 laga bersama Alfredo Vera, Persipura tak terkalahkan dengan mengemas 4 kemenangan dan 2 seri. Ini jelas menjadi pertanda bahwa Mutiara Hitam bukan lagi tim yang dikalahkan Semen Padang pada pertemuan pertama.

Semen Padang sendiri yakin bisa mengulangi pencapaian pada pertemuan pertama. Tapi, mereka harus waspada karena bermain di Stadion Mandala, kandang Persipura. Terlebih, Kabau Sirah memiliki rekor buruk di laga tandang yakni tak pernah menang.

Duel Persipura vs Semen Padang disebut sebagai salah satu bigmatch di pentas sepak bola Indonesia. Salah satu sisi menarik, bakal terjadi "perang saudara" karena Semen Padang memiliki cukup banyak pemain asal Papua.

Pelbagai fakta menarik muncul dalam duel ini. Untuk itu, Liputan6.com mencoba merangkumnya menjadi 10 fakta paling menarik.

1.  Bersama Alfredo Vera, Persipura cukup agresif. Mereka baru sekali gagal mencetak gol dalam enam laga, yakni kala melawan PSM Makassar pada 28 Agustus. Dalam 5 laga lainnya selalu mencetak gol.

2. Persipura juga belum pernah kebobolan di markasnya kala ditangani Alfredo Vera. Selain itu, dalam enam laga, hanya ada dua pemain yang sukses menjebol gawang Yoo Jae Hoon, yakni Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC) dan Ramdani Lestaluhu (Persija).

3. Sejak pertama kali bertemu di Divisi Utama 2004, Semen Padang tak pernah merasakan kemenangan di Stadion Mandala. Mereka kalah dua kali dan sekali imbang kala bertandang ke markas Persipura itu.

4. Semen Padang sendiri belum bisa meraih poin penuh di kandang lawan. Dalam 10 lawatan ke kandang lawan, anak asuh Nilmaizar ini menelan tujuh kekalahan, dan tiga hasil imbang.

5. Hanya Persib Bandung yang sejauh ini bisa meraih kemenangan di Mandala. Mereka sukses menang 2-0 atas Persipura pada 21 Juli 2016 lalu.

6. Rekor kandang Persipura di TSC 2016 adalah 4 menang, 3 seri, dan 1 kalah. Persipura kurang begitu tajam di kandang karena hanya mengemas 12 gol dari 8 laga.  

7. Sementara itu, pertahanan Semen Padang cukup rentan dibobol saat bertandang ke kandang lawan. Dari 10 lawatan, gawang mereka sudah kemasukan 15 gol.

8. Dalam laga ini, Semen Padang tak diperkuat striker tajam Marcel Silva Sacramento karena akumulasi kartu kuning. Dia merupakan pencetak gol di pertemuan pertama. Total dia sudah mengemas 12 gol di TSC 2016.

9. Semen Padang diperkuat sejumlah pemain asal Papua seperti Vendry Mofu, M Nur Iskandar, Fandry Imbiri, dan Christovel Manuel Sibi. Laga nanti ibarat "perang saudara".  Dua nama terakhir sebelumnya memperkuat Persipura.

10. Dalam dua laga terakhir di Mandala, Persipura sanggup mencetak 4 gol tanpa kebobolan. Mereka menang 1-0 atas Mitra Kukar dan menang 3-0 atas Persegres Gresik United.

(I. Eka Setiawan)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.