Sukses

Menang di Kandang Persiba, PBFC Gusur Posisi Persib

PBFC membungkam Persiba Balikpapan dengan skor 1-0 di Stadion Persiba.

Liputan6.com, Balikpapan - Pusamania Borneo FC (PBFC) membungkam Persiba Balikpapan dengan skor 1-0 di Stadion Persiba, Sabtu (17/9/2016) sore WIB dalam lanjutan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Tambahan tiga poin di Balikpapan membuat Pesut Etam (sebutan PBFC) menggusur posisi Persib Bandung.

Bertindak sebagai tuan rumah, Persiba menekan PBFC sejak awal pertandingan. Pada menit ketujuh, legiun asing Persiba, Shohei Matsunaga melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, bola hasil sepakannya tidak menemui sasaran.

Beruang Madu (julukan Persiba) coba melancarkan serangan. Pada menit ke-20, Kurniawan Karman memimpin rekan-rekannya melakukan serangan balik. Namun usaha mereka putus di kaki Zulkifli Syukur.

Di awal babak kedua atau tepatnya pada menit ke-46, Beruang Madu dikejutkan dengan gol cepat yang dicetak striker PBFC, Lerby Eliandry. Dia sukses menyundul bola hasil eksekusi tendangan bebas Ponaryo Astaman.

Menit ke-63, Pesut Etam nyaris saja menggandakan keunggulan. Terens Puhiri lolos jebakan off side dan melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti. Kiper Persiba, Alfonsius Kelvin sempat menepisnya, tapi bola kembali mengarah ke Terens. Sayang sepakan kedua Terens belum membuahkan hasil. Bolanya malah mengenai tiang gawang sebelah kiri.

Persiba menekan Pesut Etam pada menit ke-73. Maycon Silva Calijuri melakukan tendangan salto dari depan kotak penalti PBFC. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diamankan kiper Pesut Etam, Dian Agus Prasetyo.

Sepuluh menit berselang, Pesut Etam punya peluang emas menggandakan kedudukan. Terens melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Persiba. Sayang, Ricky Ohorella yang mengeksekusi umpan Terens gagal mengkonversikannya menjadi gol. Bola hasil sepakan Ricky melayang di atas gawang Persiba.

Pada masa injury time, bek PBFC, Leonard Tupamahu mendorong gelandang Persiba, Shohei Matsunaga hingga terjatuh. Kejadian itu sempat menghentikan pertandingan, tapi bisa dilerai oleh wasit. Hingga pertandingan berakhir skor tetap 1-0 untuk kemenangan tim tamu.

Kemenangan ini membuat Pesut Etam berada di posisi keenam dengan mengemas 29 poin. PBFC menggusur posisi Persib Bandung yang baru bermain pada Minggu (18/9/2016) melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Sementara Persiba tetap di urutan ke-13 dengan mengemas 23 poin.

Susunan pemain:

Persiba: Alfonsius Kelvin, Abdul Rahman, Fengky Turnando, Hermawan, Dirkir Kohn Glay, Iqbal Samad, Antonio Adriano Teles, Kurniawan Karman, Rahel Radiansyah, Shohei Matsunaga, Maycon Silva Calijuri.

PBFC: Dian Agus Prasetyo, Diego Michiels, Zulkifli Syukur, Firly Apriansyah, Leonard Tupamahu, Ponaryo Astaman, Flavio Beck Junior, Terens Puhiri, Jefri Kurniawan, Lerby Eliandy, Pedro Javier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.