Sukses

Ribuan Personel Pasukan Gabungan Siap Amankan Pembukaan PON 2016

Pasukan keamanan gabungan itu terdiri dari personel TNI, Polidi, Satpol PP, Dishub, SAR, Damkar, dan satuan pengamanan.

Liputan6.com, Bandung - Pasukan gabungan sebanyak 2.535  bersiap menjaga keamanan acara pembukaan PON XIX Jawa Barat di Stadion Gelora Lautan Api, Bandung, Sabtu (17/9/2016) malam WIB. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo rencananya secara langsung membuka PON XIX.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Kombespol Yusri Yunus, pasukan keamanan gabungan itu terdiri dari personel TNI, Polidi, Satpol PP, Dishub, SAR, Damkar, dan satuan pengamanan. Rekayasa lalu lintas di sekitar Stadion GBLA juga diberlakukan, hanya kendaraan keamanan dan panitia yang bisa masuk ke arena Stadion GBLA.

Akan tetapi, shuttle bus disediakan untuk tamu yang akan hadir. Kantong parkir di sekitar Stadion GBLA juga disediakan panitia untuk kendaraan pribadi.

"Ada 3 zona, zona di dalam, zona di luar stadion, zona 3 parkiran dan rute yg dilewati, penonton, atlet, ofisial, dan tamu VVIP, sudah tersebar di masing-masing titik," kata Yusri kepada wartawan, Sabtu (17/9/2016).

"Ada 45 shuttle bus disiapkan, jalur ini macet, jadi harus steril dari kendaraan pribadi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penonto Berbondong

Sementara itu, menurut pantauan Liputan6.com, masyarakat Jabar berbondong-bondong datang ke Stadion GBLA demi menyaksikan langsung pembukaan PON 2016. Puluhan ribuan penonton sudah mulai memadati tribun Stadion GBLA.

Tamu undangan pembukaan PON juga sudah berdatangan sejak sore. Sejumlah media juga bersiap mengabadikan momen-momen pembukaan PON 2016.

"Semua penonton, dilarang membawa hal-hal yang tidak baik, mulai dari naik bus, masuk gate, ada 2 kali pemeriksaan, kemananan benar-benar kami perhatikan," tutur Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini