Sukses

Tontowi / Liliyana Ikut Antar Api PON 2016 ke Kaldron

PON XIX Jawa Barat resmi dibuka yang ditandai penekanan tombol sirine oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Liputan6.com, Bandung Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang berlangsung di Jawa Barat, resmi dibuka, Sabtu (17/9/2016). Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, menandai dimulainya perlehatan akbar olahraga multicabang empat tahunan itu dengan menekan tombol sirine di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Sebanyak 34 provinsi ikut ambil bagian di ajang olahraga multicabang empat tahunan tersebut. Mereka akan bertarung di 756 nomor dari 44 cabang olahraga yang dipertandingkan. Sebanyak 9248 atlet akan tampil mati-matian demi memperebutkan 756 keping medali emas, 756 medali perak, dan 954 medali perunggu.

Acara pembukaan berlangsung meriah. Mengusung slogan "Berjaya di Tanah Leluhur", PON kali ini tampak lebih semarak. Diawali dengan pesta kembang api, upacara pembukaan juga dimeriahkan oleh penampilan ratusan penari. Sebanyak 19 atlet-altet legendaris Indonesia termasuk pasangan pebulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1991 Susi Susanti dan Alan Budikusuma hingga binaragawan Ade Rai.

Pada acara defile, kontingen Aceh tampil lebih dulu. Sedangkan Jawa Barat yang menjadi tuan rumah tampil sebagai kontingen terakhir yang diperkenalkan dan langsung mendapat sambutan meriah dari penonton.

Upacara pembukaan tentu tidak lengkap tanpa sesi menyalakan api kaldron. Tujuh dari 19 atlet legendaris didaulat untuk menyalakan simbol semangat para atlet tersebut. Diawali pasangan Taufik Hidayat-Susi Susanti, api yang diambil dari desa Majakerta kemudian diberikan kepada pasangan Ade Rai-Anton Suseno.

Selanjutnya obor secara estafet kemudian jatuh ke tangan ganda campuran Indonesia yang baru saja merebut emas di Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka lalu menyerahkannya lagi ke tangan pembalap sepeda, Risa Suseanty sebelum akhirnya diterima oleh karateka cilik,  Lala Diah Pitaloka.

Juara dunia cilik asal Majalengka tersebut lalu menyulut api kaldron yang akan terus menyala hingga penutupan tiba, 29 September 2016. Meski secara resmi baru dibuka, PON XIX sudah mempertandingkan sejumlah cabang olahraga. Jabar sejauh ini masih berada di puncak klasemen mendali ditempel DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini