Sukses

Minus Bale dan Ronaldo, Madrid Tetap Punya Senjata Mematikan

Liputan6.com, Madrid - Meski tidak diperkuat Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, Real Madrid tetap menang 2-0 atas Espanyol di RCDE Stadium, Senin (19/9/2016) dini hari WIB dalam lanjutan La Liga. Tim besutan Zinedine Zidane itu pun kian kokoh di puncak klasemen.

Bale absen setelah mengalami cedera. Sedangkan, Ronaldo dikabarkan sakit tenggorokan.



Ketidakhadiran Ronaldo dan Bale pada pertandingan tersebut, sempat menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, nyaris di setiap pertandingan Los Blancos selalu mengandalkan Bale, Ronaldo, dan striker Karim Benzema atau trio BBC.  

Untuk beberapa lama pelatih Madrid Zinedine Zidane dengan sederhana kerap memilih trio BBC sebagai skuat inti. Meskipun, Zidane tidak juga mengistimewakan ketiga pemain itu.

Namun, saat kunjungan ke Espanyol, karena absennya Ronaldo dan Bale, pelatih asal Prancis itu, menempatkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio di sisi Karim Benzema. Dengan formasi khas 4-3-3-nya, penampilan trio baru ini cukup mengejutkan.

Ronaldo dan Bale
Bahkan, dalam minggu-minggu awal musim, sebenarnya ada tanda-tanda bahwa Zidane telah mampu memilih pemain alternatif setelah munculnya Asensio dan Alvaro Morata.

Vazquez sudah bergabung dengan duo itu di ajang Piala Super Eropa, sebelum Bale kembali mendukung kedua pemain Spanyol itu, di laga pembuka La Liga melawan Real Sociedad. Kemudian dengan line-up yang sama, Madrid juga menang atas Celta Vigo.

Namun, Asensio sempat dikorbankan untuk melihat Ronaldo, Bale, dan Morata bermain melawan Osasuna. Tapi, setelah itu pada pertandingan Liga Champions kontra Sporting CP, Zidane kembali mempertahankan posisi trio BBC, dan menyimpang Morata untuk pertandingan Minggu lalu.

Beberapa waktu lalu, Zidane juga sudah mencoba taktik tanpa Ronaldo di lapangan. Zidane dalam sesi latihan terakhir mencoba memainkan Alvaro Morata dan Karim Benzema bersama. Hal itu menyiratkan kemungkinan Los Merengues menerapkan pola 4-4-2.

Seperti dilansir Marca, itu merupakan perubahan di mana biasanya Zidane memakai pola 4-3-3 ketika memiliki Gareth Bale dan Ronaldo dalam kondisi fit.

Tentu menjadi opsi paling masuk akal mencoba menduetkan Morata dan Benzema demi ketajaman. Apalagi, lini depan Madrid belum bisa diperkuat Ronaldo karena cedera dan Bale, yang belum benar-benar fit usal liburan musim panas selepas Piala Eropa 2016.

Sempat mencuat penilaian Zidane juga bisa menerapkan formasi 4-1-4-1. Ini sebenarnya bukanlah gaya bermain asing untuk seluruh pemain Madrid pada saat ini.

Video Populer

Foto Populer