Sukses

Penerjun Payung yang Pingsan di PON Jabar Akhirnya Siuman

Liputan6.com, Bandung - Badan SAR Nasional Bandung, menerangkan kondisi penerjun payung Endang Trilibrata Elma Rahmawati yang yang tampil di PON Jabar, sudah membaik. Sebelumnya, penerjun asal kontingen Yogyakarta sempat tak sadarkan diri saat mendarat di Bandara Nusawiru, Selasa (20/9/2016).

Endang diduga pingsan karena cuaca panas ketika bertanding di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Namun menurut anggota Humas dan Protokoler Basarnas, Joshua Banjarnahor kondisi Endang sudah membaik.

"Endang Trilibrata Elma Rahmawati kontingen DIY yang saat ini di Medical Center keadaan baik, sadar penuh, tidak ada cedera atau trauma," kata Joshua sebagaimana dilansir dari Antara.

Insiden lain juga menimpa atlet terjun payung lain, Siswo. Atlet dari kontingen Jawa Tengah ini mengalami masalah di udara. Parasut utama tidak mengembang, sehingga harus menggunakan parasut cadangan sampai akhirnya mendarat dengan selamat.

1 dari 2 halaman

Insiden Gantole

Sebelumnya, atlet gantole asal Sumatera Barat, Rizal Fatoni sempat kehilangan kontrak dengan panitia di darat dalam perlombaan di Sumedang, Jawa Barat. Berdasarkan keterangan, Joshua sempat mengeluarkan parasut cadangan. Dia membuka parasut di sekitar perbatasan Sumedang dan Limbangan.

Rizal sendiri telah ditemukan dalam keadaan selamat. Menurut Budi Utomo, delegasi teknik cabang gantole, cuaca buruk memaksa Rizal mengembangkan parasut darurat.

"Bukan hilang, tapi hanya situasi darurat. Tadi saat pertandingan, tiba-tiba awan hujan datang dengan kecepatan tinggi. Bila parasut cadangan digunakan, otomatis kehilangan keseimbangan dan langsung menuju ke darat," terang Eris kepada Liputan6.com.

Video Populer

Foto Populer