Sukses

Suzuki: Vinales 'Alien' Baru di MotoGP

Cazeaux bertemu Vinales untuk pertama kalinya ketika Suzuki sedang melakukan tes pramusim di Valencia pada 2014.

Liputan6.com, Kepala mekanik Suzuki, Jose Manuel Cazeaux menilai garis tangan Maverick Vinales menjadi pembalap MotoGP. Cazeaux menyebut pembalap asal Spanyol itu seperti alien.

Cazeaux bertemu Vinales pertama kalinya ketika Suzuki sedang melakukan tes pramusim di Valencia pada tahun 2014, jelang bergulirnya MotoGP 2015. Ketika itu, Suzuki sedang mencoba mesin GSX-RR.

Pada pertemuan pertama itu, Cazeaux kagum dengan cara Vinales menaklukkan mesin motor dengan kapasitas 1000cc. Terlebih lagi, pada saat itu, usia sang pembalap terhitung belia, 19 tahun.

"Kami tahu dia sangat istimewa setelah melihat caranya mengontrol gas dan menyesuaikan rem karbon dengan sangat cepat untuk pertama kalinya," ucapnya, dikutip dari Crash.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Alien

Lebih lanjut, Cazeaux menyebut pembalap kelahiran Figueres, Spanyol itu memiliki bakat seperti dua rider MotoGP yang dijuluki sebagai alien, yakni Valentino Rossi dan Marc Marquez.

"Vinales salah satu dari alien. Dia selalu berambisi untuk menang. Ketika ada sesuatu yang menghambatnya, bukan hanya sepeda tapi juga masalah teknik, Vinales selalu ingin memperbaikinya dengan cepat agar bisa berada di atas motor," ujar Cazeaux.

Setelah 22 bulan bersama Suzuki, Vinales akhirnya bisa naik podium pertama. Vinales menjuarai MotoGP Silverstone, 4 September 2016. Itu merupakan kali pertama Suzuki menjuarai MotoGP di lintasan kering sejak 2000.

"Bagi kami, sebuah kehormatan bisa menemukan cara untuk membantunya meraih kemenangan. Ketika Anda menemukan pembalap terbaik, Anda harus memberinya kesempatan," katanya mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.