Sukses

3 Kali Ganti Pelatih, Bagaimana Wajah Persela di Akhir Musim?

Laskar Joko Tingkir itu sejauh ini belum mampu beranjak dari dasar klasemen. Tiga kali sudah mereka berganti pelatih

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan menjadi tim pesakitan di gelaran Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Laskar Joko Tingkir itu sejauh ini belum mampu beranjak dari dasar klasemen. Tiga kali sudah mereka berganti pelatih, bagaimana 'wajah' Persela di akhir musim?

Performa Persela  di ajang ini langsung menimbulkan tanda tanya besar. Padahal, Persela berstatus sebagai tim Kuda Hitam di ajang Liga Super. Tercatat, sampai pekan ke-20, tiga pelatih sudah menangani Persela, mulai dari pelatih asing asal Swedia, Stefan Hansson, pemain legendaris Indonesia, Sutan Harhara dan sekarang eks-pelatih Timnas Indonesia, Aji Santoso.

Tim asal Jawa Timur ini tercatat menjadi tim paling banyak melakukan pergantian pelatih, dua kali. Kursi panas pelatih Persela mulai terlihat ketika Hansson gagal memberikan Persela kemenangan di lima duel pertama.  Kekalahan 0-4 dari Semen Padang membuat Hansson mundur.

Setelah Hansson lengser, Persela menunjuk Sutan. Tapi keputusan ini masih belum tepat. Sempat meraih kemenangan 2-0 atas Perseru Serui, mantan pemain Timnas Indonesia ini belum menemukan formula yang tepat untuk Persela. 

Dalam 11 laga yang dijalani, Persela hanya mampu meraih tiga kemenangan dan satu seri. Sedangkan tujuh laga berakhir dengan kekalahan. Performa ini membuat Persela terus terdampar di dasar klasemen dengan 10 poin.  Puncaknya terjadi ketika Persela bermain imbang 2-2 melawan PSM Makassar di Stadion Surajaya. Dampak dari hasil ini, Sutan memilih meninggalkan kursi pelatih.

Aji Santoso

Kini, tugas berat menanti Aji sampai kompetisi ini berakhir. Ya, mantan pelatih Timnas U-23 Indonesia ini minimal harus mengangkat Persela dari posisi juru kunci. Padahal, Aji memiliki pemain haus gol, Dendi Sulistyawan. Sejauh ini, Dendi telah mencetak 6 gol untuk Persela.

Tapi ketajaman Dendi belum cukup memberikan Persela kemenangan tanpa lini belakang yang solid. Persela kembali mengimpor pemain asing di bursa transfer memasuki paruh kedua musim kompetisi. Tercatat tiga pemain asing didaratkan ke Stadion Surajaya. Mereka adalah Choi Hyun Yeon, Hedipo Gustavo dan Ivan Carlos. Namun mereka belum bisa memberikan Persela kemenangan.

Pada laga debutnya, Persela hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Persija Jakarta di Stadion Surajaya. Padahal pada laga ini, Aji memiliki kesempatan emas meraih kemenangan perdana setelah Macan Kemayoran sedang terpuruk karena gagal meraih kemenangan dalam 13 laga beruntun.

Kendati demikian, Aji masih memiliki waktu cukup panjang untuk mengangkat performa Persela di sisa musim. Sayangnya, di masa adaptasi dengan kultur tim, Aji harus melawan lawan yang cukup berat ketika menjamu Persipura Jayapura di Stadion Surajaya pada pekan ke-21.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini