Sukses

Pertahanan Terbaik Arema adalah Tetap Menyerang

Hingga pekan ke-20, Arema baru kebobolan 9 gol

Liputan6.com, Malang - Arema Cronus sukses menjadi klub dengan pertahanan terbaik di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Hingga pekan ke-20, Arema baru kebobolan 9 gol.

Sektor pertahanan Arema patut mendapatkan jempol. Raksasa Jawa Timur ini menjadi tim dengan jumlah clean-sheet alias tidak kebobolan terbanyak di ajang ini. Total, tim besutan Milomi Seslija ini melakukan 13 kali clean-sheet. 

Dari data Labbola, Singo Edan memiliki statistik yang ciamik dalam urusan bertahan. Tercatat total 43 penyelamatan berhasil dibuat dua kiper Arema Kurnia Meiga dan Achmad Kurniawan.

Selain itu empat bek tengah Arema yang biasanya diisi oleh Benny Wahyudi, Hamka Hamzah, Goran Gancev dan Johan Alfarizie juga memiliki statistik yang mengesankan. Tercatat empat bek sejajar itu mampu membuat 309 tekel sukses dengan persentase keberhasilan mencapai 58 persen.

Bila melihat lebih dalam dari sisi individu, statistik Goran Gancev dan Hamka Hamzah memang sangat dominan. Hamka mampu membuat 57 persen keberhasilan tekel. Bahkan Gancev lebih hebat lagi setelah persentase tekelnya mencapai 90 persen. Setiap tekel yang dilepaskan kedua pemain ini sebagian besar sukses menghentikan lawan. 

Kendati memiliki statistik pertahanan menawan, Goran tetap meminta tim tampil menyerang. "Terpenting bukan soal pertahanan, karena kami harus tampil menyerang bila ingin menang. Pertahanan terbaik tetap menyerang," kata Goran beberapa waktu lalu dilansir dari situs Arema.

Berkaca dari pernyataan Goran, Arema masih harus mengasah lini depan. Tercatat, Arema baru mencetak 24 gol. Jumlah itu masih kurang bila dibandingkan dengan Madura United yang telah mengoleksi 34 gol dan Sriwijaya FC dengan 38 gol.

Arema juga masih kalah dalam urusan mencetak gol dari Persipura (25 gol) dan Bhayangkara FC (27 gol) masing-masing di posisi 4 dan 5. Praktis, Arema menjadi tim dengan jumlah gol paling sedikit dibanding tim yang menempati urutan lima besar klasemen. (Penulis: Yosef Deny Pamungkas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.