Sukses

Debut di PON Jabar, Rifda Langsung Curi Perhatian

Liputan6.com, Bandung - Nama Rifda Irfana Lutfi mungkin masih jarang terdengar di telinga. Padahal, ia adalah salah satu pesenam yang sudah mengharumkan nama Indonesia. Saat masih berusia 15 tahun, ia sudah dipercaya mewakili Indonesia di ajang SEA Games Singapura 2015.

Saat itu, Rifda dipercaya turun di cabang senam nomor Floor Exercise. Meski baru pertama kali terjun di SEA Games, ia mampu mempersembahkan medali perak. Sukses itu didapat setelah ia meraih skor akhir 13,733.



Menariknya, Rifda justru baru sekali tampil di ajang PON. Dan dalam debutnya, ia langsung mempersembahkan emas bagi kontingen DKI Jakarta dari nomor all around.

Bertanding di Sports Jabar Arcamanik, Rabu (21/9/2016), Rifda sukses mengalahkan dua atlet asal Jawa Timur, Amalia Fauziah dan Dewi Prahara. Total Rifda mengumpulkan nilai 52,499.

"Persaingan sangat ketat, kekuatan lawan juga sudah merata. Jadi, harus hati-hati juga. Tadi saya juga sempat tegang karena all around itu susah," kata Rifda.

"Kalau ada satu alat saja yang salah, lewat sudah medali emas. Tadi juga nyaris gagal, karena yang dapat perunggu itu pernah juara di SEA Games 2011," kata pesenam kelahiran 16 Oktober 1999 itu menambahkan.

1 dari 2 halaman

Pasang Target Tinggi

All around sendiri adalah salah satu nomor tersulit di cabang senam. Pasalnya, para pesenam diwajibkan beraksi dengan menggunakan empat alat. Tak heran jika Rifda harus melakoni persiapan intensif selama dua bulan di Qatar dan Jerman.

Rifda sendiri sudah menggeluti dunia senam sejak berusia enam tahun. Wanita yang masih kelas 2 SMA Ragunan itu menyebut senam sebagai olahraga yang menyenangkan.

"Senam itu tak membosankan. Antara satu alat dan alat lain itu gerakannya berbeda dan sulit. Jadi tak hanya fokus pada satu gerakan. Kita harus menguasai semuanya agar bisa unggul dari lawan," ucap Rifda antusias.

Kini, Rifda pun berani memasang target yang lebih tinggi untuk ke depannya. Ia ingin ikut berjuang untuk Indonesia di ajang Asian Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020. "Saya yakin bisa, rata-rata poin di penampilan saya sudah bisa bersaing di level yang lebih tinggi."

Video Populer

Foto Populer